KEFAMENANU – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

KEFAMENANU

Lepas Status Daerah Tertinggal

KABUPATEN TTU yang selama ini dikenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi NTT sebagai salah satu kabupaten yang mendapat status sebagai daerah tertinggal, akhirnya dicabut oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pelepasan status daerah tertinggal berkat kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak dalam menyukseskan program pembangunan yang dicanangkan Bupati, Raymundus Sau Fernandes dan Wakil Bupati, Aloysius Kobes serta dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Informasi yang dihimpun Timor Express, dalam Surat Keputusan Menteri Nomor 79/2019 per 31 Juli 2019 tentang Penetapan Daerah Tertinggal yang Terentaskan pada tahun 2015-2019 terdapat lima kabupaten di Provinsi NTT yang mampu melepaskan status sebagai daerah tertinggal diantaranya, Kabupaten TTU, Ende, Nagekeo, Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada Timor Express, Rabu (7/8) menuturkan, pencabutan status daerah tertinggal oleh Kemendes PDTT terhadap Kabupaten TTU dan empat kabupaten lainnya yang berada di Daratan Flores, patut disyukuri.

Kerja keras pemerintah daerah bersama elemen lainnya selama ini yang didukung penuh oleh masyarakat ternyata tidak sia-sia dan membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Upaya kerja keras dan kerja gotong royong yang dilakukan selama ini dapat membawa Kabupaten TTU keluar dari status daerah tertinggal.

“Selama dua periode kepemimpinan ini, target saya harus membawa Kabupaten TTU keluar dari kabupaten tertinggal. Salah satu indikatornya, awal kepemipinan saya tingkat kemiskinan berada pada posisi 65 persen dan sekarang turun pada posisi 21 persen. Ini berkat kerja keras dan kerja bersama seluruh masyarakat di daerah ini,” tuturnya.

Menurutnya, salah satu indikantor yang selama ini menjadikan Kabupaten TTU mendapat status sebagai daerah tertinggal adalah kemiskinan. Sehingga, salah satu sektor vital yang harus terus digenjot adalah pemenuhan kebutuhan hidup terutama kebutuhan pokok masyarakat harus terpenuhi.

Salah satu sektor yang didorong oleh pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni melalui program padat karya pangan (PKP) yakni peningkatan hasil produksi pertanian, program desa mandiri cinta petani (Sari Tani) yang difokuskan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan program bedah rumah tidak layak huni (Berarti), yakni memberikan bantuan rumah kepada masyarakat.

Apabila kebutuhan dasar tersebut sudah terpenuhi seluruhnya, maka perhatian bisa difokuskan untuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Misalnya melalui industri kerajinan tangan maupun usaha ekonomi lainnya.

“Kalau tiga program utama itu dilakukan dengan tuntas sampai di semua desa, maka fokus masyarakat tidak lagi pada tiga kebutuhan pokok makan, pakai dan tinggal. Tapi masyarakat akan lebih fokus untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan ekonominya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pencabutan status daerah tertinggal oleh Kemendes PDTT memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Salah satu dampak positif yang akan dialami yakni berkurangnya alokasi dana dari pemerintah pusat untuk penanganan daerah tertinggal.

Kendati demikian, seluruh ASN di Kabupaten TTU harus terus membangun kemitraan yang baik dengan berbagai elemen terutama masyarakat dalam mendukung program pemerintah daerah ke depan. Semua potensi yang dimiliki daerah ini harus terus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Ini adalah salah satu tantangan karena kita sudah tidak lagi mendapat perhatian dari pemerintah pusat untuk pembangunan daerah tertinggal sehingga semua potensi yang ada di daerah ini harus kita kembangkan sebagai salah satu pendapatan baik untuk masyarakat maupun daerah,” pungkasnya. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!