Pentingnya Pola Hidup Sehat dalam Keluarga – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pentingnya Pola Hidup Sehat dalam Keluarga

KOMPAK.. Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man pose bersama anggota DWP Kota Kupang di Hotel Cahaya Bapa saat membuka kegiatan seminar tentang Germas, Kamis (8/8).

FENTI ANIN/TIMEX

Dari Seminar Sosialisasi Germas dan Pemeriksaan IVA DWP Kota Kupang

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang menggelar seminar sehari tentang implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), untuk mendukung kesehatan produksi pada usia senja dan pemeriksaan Iva secara gratis. Terungkap, kanker servis menjadi jenis kanker paling banyak menyerang perempuan.

FENTY ANIN, Kupang

SUASANA seminar yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang di Hotel Cahaya Bapa, Kamis (8/8) itu cukup meriah. Karena topik yang dibahas cukup urgen. Yakni masalah kanker serviks dan payudara. Dibuka oleh Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man.

Wawali Hermanus Man pada kesempatan itu mengatakan, Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan bahwa saat ini kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan. Penyakit ini lebih banyak berkaitan dengan infeksi dari virus HPV.

“Virus ini mempunyai gejala umum yaitu munculnya bintik merah muda pada alat kelamin dan terasa gatal atau panas. Sementata itu, kanker payudara juga menempati urutan kedua sebagai penyakit yang paling banyak menyerang kaum perempuan,” kata Hermanus.

Untuk itu, kata Herman, pemerintah Kota Kupang terus berupaya untuk memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat khususnya kaum perempuan akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.

“Pemerintah Kota Kupang melalui Dharma Wanita Persatuan menganggarkan dana pada APBD Kota Kupang sebesar Rp 177 Juta lebih untuk menyelenggarakan kegiatan seminar. Juga disertai dengan pemeriksaan IVA dan pemeriksaan kanker payudarah. Sasaran bagi semua ASN di Kota Kupang,” terangnya.

Diharapkan, agar semua peserta yang terlibat dalam acara ini dapat memahami secara baik tentang materi yang telah disampaikan. Juga dapat berperan sebagai agen-agen pemerintah yang dapat meneruskan informasi ini sampai kepada masyarakat.

“Semua anggota DWP yang hadir ini harus menjadi penerus informasi yang baik kepada masyarakat, organisasi dan lingkungan tempat tinggal. Karena saat ini penyakit-penyakit ini mempunyai gejala yang sering dianggap sepele. Akhirnya sudah masuk dalam stadium lanjut barulah diperiksa dan ditangani,” kata Herman Man.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana, dr Dewa Ayu Made Dwi Suswati Wijana mengatakan, Germas merupakan salah satu program pemerintah yang telah dicanangkan pada tahun 2016 lalu. Program ini terlahir akibat adanya perubahan pola penyakit yang ada pada masyarakat Indonesia yang saat ini menunjukan adanya peningkatan jumlah penyakit tidak menular. Seperti hipertensi, stroke, diabetes, jantung, gagal ginjal, kanker dan semuanya berpengaruh pada ketahanan keluarga.

“Penyakit tidak menular ini diakibatkan karena pola hidup tidak sehat. Dimana pola hidup itu terbentuk dalam unit terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Peran seorang ibu dalam menentukan pola hidup dalam keluarga sangatlah besar, sehingga kami melibatkan ibu-ibu. Khususnya anggota DWP dalam merevolusi mental keluarga sehingga ke depan memiliki pola hidup yang baik,” kata dr Ayu.

Dia menjelaskan, DWP Kota Kupang menggelar seminar kesehatan yang digelar selama sehari. Narasunber dari beberapa pihak dan tema yang berbeda. Yakni tentang Kebijakan Pemerintah Kota Kupang dalam mendukung Germas, kesehatan reproduksi dan penyakit tidak menular.

Selain itu, adapun materi tentang implementasi Germas untuk mendukung kesehatan reproduksi di usia senja. Dan tentang pola makan yang tepat untuk mendukung ketahanan keluarga serta cara memelihara kebugaran hingga usia senja.

“Kami juga menggelar pemeriksaan IVA gratis di RS Bhayangkara Kupang pada tanggal 9 sampai 14 Agustus. Ini kami bekerja sama dengan tim medis RSB dan 10 Puskesmas di Kota Kupang,” terangnya. (mg25/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!