PKB Penyeimbang di Pimpinan DPRD NTT – Timor Express

Timor Express

POLITIK

PKB Penyeimbang di Pimpinan DPRD NTT

Rapimwil XI di Kupang

KUPANG, TIMEX – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi NTT, Yucundianus Lepa memastikan partainya belum memutuskan siapa yang menjadi wakil ketua DPRD NTT dari PKB.

Meski sudah menyelesaikan semua tahapan, namun PKB masih menunggu keputusan dari partai politik lain. Terutama Partai Nasdem yang belum menentukan sikap. “PKB ini selalu menunggu,” kata Yucun kepada wartawan di Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) XI PKB NTT di Kupang, Sabtu (10/8).

Sebelumnya, tiga calon sudah diusulkan ke DPP PKB bahkan sudah menyelesaikan proses uji kelayakan dan kepatutan di Jakarta sejak 10 Juli 2019 lalu. Namun hingga kini belum ada keputusan dari DPP.

Yucun jelaskan, PKB saat ini sedang melihat dinamika yang terjadi di PDI Perjuangan dan Partai Golkar dalam hal penentuan pimpinan di DPRD NTT. “PDIP dan Golkar sudah hampir pasti itu. Jadi kalau misalnya sudah ada dua perempuan, PKB tidak mungkin perempuan lagi. Sekarang kami tunggu Nasdem juga. Kalau Nasdem dari Flores, PKB dari Sumba. Sebaliknya kalau Nasdem dari Sumba, PKB dari Flores,” papar Yucun yang didampingi Ketua DPD PKB Kota Kupang, Daniel Hurek dan pengurus lain.
PKB dalam Rapimwil XI itu juga menyatakan sikap untuk tetap mendukung Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum PKB. Pernyataan sikap ini merupakan hasil konsolidasi yang membulatkan tekad untuk tetap mendukung Muhaimin.

Mencermati keberhasilan PKB dalam mengokohkan ideologi sebagai landasan perjuangan politik, perwujudan program perjuangan partai, mengelola sekaligus memanifestasi aspek filosofis-religius PKB yang terus terkonfigurasi dalam tataran praksis. Sehingga, PKB NTT memberikan dukungan kepada kepengurusan yang dipimpin Muhaimin Iskandar.

“Meminta forum Muktamar untuk mengukuhkan kembali Bapak DR (HC) H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si. Sebagai Ketua Umum PKB periode 2019-2024.

Merekomendasikan kepada DPP PKB hasil Muktamar untuk melakukan proyeksi politik yang terarah dan terukur, menyusun langkah-langkah strategis politis dalam kerangka mempersiapkan Ketua Umum DPP PKB Bapak DR (HC) H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si untuk menjadi calon presiden periode 2024-2029,” paparnya.

Sementara itu, tiga parpol lain sebelumnya masing-masing sudah mengusulkan tiga nama ke DPP partainya. Namun hingga saat ini baru Partai Golkar yang mengirim sinyal terkait siapa yang akan dipilih. Golkar menyebut dari tiga orang yang diusul, figur perempuan memiliki kelebihan. Dan itu sudah didengungkan sebelum pencoblosan pada pileg April 2019 lalu.

Demikian juga PDIP yang mengusulkan dua laki-laki dan satu perempuan. Figur perempuan yang diusulkan memiliki keunggulan karena menduduki posisi ketua DPD PDIP NTT, yakni Emelia Nomleni. Secara aturan di PDIP, posisi di pengurus partai menjadi salah satu syarat pertimpangan.

Di PKB, ada tiga nama yang diusul. Yunus Naisunis dari mewakili Timor, Alysius Malo Ladi mewakili Sumba dan Yohanes Rumat mewakili Flores. (cel/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!