Storynomics Tourism untuk Kawasan Labuan Bajo – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Storynomics Tourism untuk Kawasan Labuan Bajo

Harapkan Wisatawan Dapat Tularkan Pengalaman

JAKARTA, TIMEX – Pemerintah menargetkan 20 juta turis asing masuk ke Indonesia tahun ini. Salah satu trobosan yang akan dilakukan pemerintah adalah menjadikan storynomics tourism sebagai strategi pengembangan pariwisata Indonesia andalan. Pengembangan itu dikhususkan di kawasan wisata superprioritas seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Storynomics tourism merupakan penyampaian kesan dari wisatawan yang pernah berkunjung kepada orang lain. Ini merupakan cara promosi yang tengah diharapkan dapat mengundang wisatawan baru. Sedangkan kawasan super prioritas dipilih karena memiliki ciri khas yang berbeda.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penetapan strategi storynomics tourism berlandaskan pada kekayaan budaya Indonesia. Sehingga nantinya promosi kawasan wisata akan dilakukan dengan narasi story telling serta dikemas dalam konten menarik yang terkait dengan budaya setempat. “Experience berkaitan dengan faktor aksesibilitas, amenitas (fasilitas wisata), dan atraksi yang melekat ke setiap destinasi-destinasi wisata. Hal tersebut harus menjadi satu kesatuan yang padu,” katanya.

Dia menambahkan dalam program ini nantinya juga akan membuka peluang Public Private Partnership (PPP) dalam membangun pusat-pusat hiburan seperti theme park. Harapannya akan menambah banyak wisatawan. Dampaknya adalah ekonomi masyarakat sekitar akan naik. Program ini melibatkan kolaborasi lintas kementerian atau lembaga terkait, pemda, serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kolaborasi ini untuk mengelola destinasi wisata.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan bahwa storynomics tourism merupakan pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, dan living culture serta menggunakan kekuatan budaya. (lyn/jpg/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!