Cegah Penyakit Kanker lewat Pemeriksaan IVA – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Cegah Penyakit Kanker lewat Pemeriksaan IVA

AKRAB. Keluarga besar DWP Kota Kupang pose bersama tim medis dalam kegiatan pemeriksaan IVA, bertempat di RSB Bhayangkara Titus Uly, Senin (12/8).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

OETETE, TIMEX – Demi mencegah penyakit kanker lewat pemeriksaan IVA sangat urgen dilaksanakan. Sehingga dapat terhindar dari penyakit tersebut. Hal inilah yang menjadi titik fokus dari organisasi perempuan yang tergabung di dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang diketuai oleh Martase Benu-Talan intens melaksanakan kegiatan seminar kesehatan dan pemeriksaan IVA.

Sekadar tahu bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut oleh DWP Kota Kupang. Kegiatan serupa dilaksanakan oleh DWP Kota Kupang selama lima hari berpusat di Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo.

Sasaran peserta adalah istri ASN dan ASN lingkup Pemerintah Kota Kupang. Kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergitas DWP Kota Kupang dengan Pemerintah Kota Kupang. Pemeriksaan IVA di RSB Bhayangkara Titus Uly telah berjalan selama tiga hari. Dan jumlah peserta mencapai 90 peserta. “Selain pemeriksaan IVA ini, mereka juga diberikan edukasi tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat,” demikian dikatakan Ketua DWP Kota Kupang, Marthase Benu-Talan, kepada koran ini di lokasi kegiatan, Senin 12/8).

Target peserta yang telah didata sebanyak 150 orang. Bisa juga ibu-ibu dari luar rekapan panitia ikut dalam pemeriksaan IVA dengan ketentuan membawa kartu BPJS Kesehatan. Dengan adanya pemeriksaan ini untuk mengetahui lebih dini bahaya kanker serviks dan kanker payudara.

Pasalnya penyakit tersebut sangat rentan menyerang kaum perempuan. Oleh sebab itu lewat deteksi dini sebagai upaya pencegahan. “Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” jelasnya.

Diketahui bersama bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam menjalani roda kehidupan. Untuk itu, katanya, DWP Kota Kupang sangat fokus menjalankan program prioritas setiap tahunnya. Sekretaris Panitia, Fransina Korbaffo, menjelaskan pemeriksaan yang terlibat sampai dengan hari ketiga telah mencapai 90 orang.

Dalam kegiatan pemeriksaan IVA, melibatkan petugas kesehatan yang berpengalaman delegasi dari 10 Puskesmas di Kota Kupang. Di antaranya Puskemas Pasir Panjang, Kupang Kota, Manutapen, Sikumana, Oesapa, Bakunase, Alak, Oepoi, Oebobo, dan Puskemas Penfui.

Selain itu melibatkan dokter dari RSB Bhayangkara Titus Uly. Terpantau, kegiatan pemeriksaan IVA berlangsung sejak pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Pemeriksaan berlanjut kembali pada Selasa (13/8) sampai Rabu (14/8). (mg22/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!