Formas PPH Dukung Aparat Penegak Hukum – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Formas PPH Dukung Aparat Penegak Hukum

TAMBOLAKA, TIMEX – Forum masyarakat Peduli Penegakan Hukum (Formas PPH) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyatakan sikap mendukung aparat penegak hukum dalam menangani kasus korupsi di SBD. Pernyataan sikap tertulis dibacakan ketua Formas PPH, Agustinus Wakurkaka sesaat sebelum menyerahkan kepada aparat penegak hukum, Jumat (2/8) lalu.

Dalam pernyataan sikap, Formas PPH menyatakan dana desa merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk memberdayakan masyarakat desa demi peningkatan taraf hidup keluarga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Forum merasa prihatin apabila dana yang seharusnya diperuntukkan bagi pemberdayaan masyarakat tidak tepat sasaran karena ada indiksi penyelewengan oleh oknum pejabat tertentu. Karena itu, masyarakat menaruh harapan dan mohon kepada aparat penegak hukum untuk memberikan perlindungan bagi kepentingan masyarakat miskin melalui upaya serius penegakan hukum secara   profesional dan tuntas.

Terhadap peristiwa hukum yang sudah terjadi, demikian juga dinamika penanganan yang sedang dan akan terus dilakukan, Formas PPH menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada aparat penegak hukum yang dalam kewenangan masing-masing telah dan akan berupaya mewujudkan perlindungan dan rasa adil bagi masyarakat.

Formas PPH mengharapkan aparat penegak hukum untuk berkenan menelusuri secara mendalam skenario perencanaan yang sedemikian rupa diupayakan melalui pendekatan struktur pemerintahan, mengarahkan desa mengalokasikan kegiatan penguatan kapasitas perangkat desa dan kelembagaan desa.

Formas PPH terus mengapresiasi dan mendukung profesionalitas pelaksanaan tugas aparat penegak hukum dan mengharapkan agar aparat tidak terperangkap pada kemungkinan upaya-upaya intervensi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Formas PPH sangat mengharapkan agar kasus diselesaikan secara tuntas melalui kerja sama yang sinergis dan saling mendukung dari semua elemen penegak hukum. Penanganan kasus secara  perofesional dan tuntas akan memulihkan rasa keadilan masyarakat tetapi sebaliknya bila tidak tuntas, maka akan melukai rasa keadilan masyarakat.

Sementara, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Varian Jati Utomo yang menerima perwakilan Formas PPH ketika dikonfirmasi mengatakan, forum membuat surat mendukung penegakan hukum terkait  kasus dugaan korupsi yang terjadi di Dinas PMD SBD yang melibatkan kepala dinas dan Kabid Pemdes.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat. Pihaknya tentu akan bekerja secara profesional sesuai tupoksi kejaksaan.

“Kami akan menerima berkas melalui bidang pidana khusus. Kami akan melakukan kajian sesuai prosedur yang berlaku. Akan ada beberapa tahap yakni penyerahan berkas untuk diteliti oleh tim jaksa. Selanjutnya akan dikembalikan dengan petunjuk jaksa apabila belum lengkap. Kalau sudah lengkap/P21, maka tersangka dan barang bukti akan diserahkan ke pengadilan. (mg28/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!