Latih Masyarakat Tentang Teknologi Informasi – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Latih Masyarakat Tentang Teknologi Informasi

KKN.Mahasiswa STIKOM Uyelindo Kupang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

STIKOM UYELINDO FOR TIMEX

Mahasiswa KKN STIKOM Uyelindo Kupang

KUPANG, TIMEX-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang sebagai perguruan tinggi berbasis IT terbaik di NTT, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa kelurahan/desa.

Salah satu kelurahan yang menjadi pilihan adalah Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Di kelurahan ini, kelompok KKN yang ditempatkan terdiri dari mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Strata Satu.

Kelompok ini beranggotakan enam orang, yakni Olivia M. I. Tavares, Dominika S. Tapu, Maria H. Meli, Ernesta T. Ndaro, Brutos R. N. Nggadas, Nyibona S. Boymau dan Clara R. Halan.

Fransiskus Tjiptabudi, Dosen Pembimbing kepada Timor Express mengatakan, program kerja yang dijalankan oleh kelompok KKN di Kelurahan Kayu Putih selain membantu pelayanan administrasi, membangun beberapa aplikasi untuk mendukung pelayanan dan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan teknologi informasi bagi masyarakat serta beberapa lembaga atau institusi yang berada di wilayah Kayu Putih.

Dijelaskan, lembaga yang menjadi sasaran pengabdian antara lain, SDK Maria Assumpta, SD Inpres Oebufu dan Biara OMJM.

Selain itu juga dilakukan kegiatan Dokter Komputer untuk memperbaiki komputer atau laptop milik kantor lurah, pegawai dan juga masyarakat, serta kegiatan Saturday Edutainment yaitu kegiatan belajar teknologi informasi.

Tidak hanya itu mahasiswa juga melatih masyarakat berbahasa Inggris, permainan edukatif dan juga nonton film bersama bagi anak-anak usia sekolah yang berdomisili di sekitar kantor Lurah Kayu Putih.

“Pengabdian kepada masyarakat di SDK Maria Assumpta, SD Inpres Oebufu, dan Biara OMJM telah dilaksanakan sejak akhir Juli hingga awal Agustus ini,” tuturnya.

Ditambahkan, kegiatan ini melibatkan peserta dari siswa sekolah dasar kelas 4-6 serta para biarawati dengan total peserta mencapai 120 orang.
Menurut Tjiptabudi, kegiatan ini sebagai program kerja KKN yang dimaksudkan untuk menjalankan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya untuk memperkenalkan dan meningkatkan literasi teknologi informasi kepada peserta.

Diharapkan ke depan, kegiatan ini bisa dilakukan berkesinambungan sehingga materi yang diberikan tidak sekadar pengenalan, tetapi hingga tahap penerapan teknologi informasi guna menjadi bekal positif bagi peserta. “Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para peserta yang antusias selama kegiatan. Sehingga diharapkan dapat dilakukan terus-menerus,” katanya.

Pelaksana kegiatan ini adalah mahasiswa KKN berjumlah tujuh orang dengan dosen pendamping, Max ABR, Soleman Lenggu dan Fransiskus Tjiptabudi.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!