Pembangunan Perbatasan Sangat Penting – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Pembangunan Perbatasan Sangat Penting

PAPAR. Bupati Kupang, Korinus Masneno bicara mengenai perbatasan negara di Amfoang Timur saat Rakor Penyelesaian Batas Negara RI-RDTL, Jumat (9/8).

BENI SELAN FOR TIMEX

KUPANG, TIMEX – Perhatian dan pembangunan terhadap wilayah perbatasan merupakan hal penting yang perlu dilakukan sebagai wujud mempertahankan kedaulatan negara. Wilayah perbatasan merupakan etalase wajah Indonesia di mata negara lain.

“Sehingga, pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana menjadi bagian yang penting dilakukan dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneno saat Rakor Penyelesaian Batas Negara RI-RDTL di hotel Aston Kupang, Jumat (9/8).

Hadir pada rakor tersebut, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, Ditjen BAK Kemendagri, Thomas Umbu Pati, Umbara Setiawan dari Kemenlu RI, Kaban Perbatasan NTT, Linus Lusi serta tokoh masyarakat wilayah Amfoang dan TTU.

Korinus Masneno mengatakan, banyak potensi yang ada di wilayah perbatasan yang perlu digali, sehingga sinergi semua pihak baik itu pemerintah pusat hingga pemerintah daerah menjadi satu kekuatan dalam memajukan wilayah perbatasan.

Ia menyatakan, Kabupaten Kupang khususnya wilayah Amfoang Timur berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, namun kondisi infrastrukturnya masih terbilang sulit di akses. Padahal, wilayah tersebut berbatasan dengan Distric Oecusse-RDTL. Untuk mengatasi hal tersebut, dirinya yakini perlu sinergitas yang kuat dari semua pihak sehingga persoalan yang ada di wilayah perbatasan negara dapat diminimalisir, mengingat pembangunan jalan dan jembatan dan infrastruktur lainnya yang memadai akan membuka akses ke wilayah perbatasan dan pastinya berdampak pada terbangunnya sektor-sektor lain yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Terkait rencana pemerintah pusat membangun PLBN di Amfoang Timur, dirinya menyambut baik rencana tersebut dan berharap segera dilaksanakan karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Pembangunan PLBN akan menjadi daya dukung percepatan pembangunan infrastruktur lainnya di Kecamatan Amfoang Timur.

Rencana pembangunan PLBN di Amfoang Timur sudah pernah direncanakan tahun-tahun sebelumnya, bahkan sebelum pembangunan PLBN di Mota’ain dilaksanakan, namun tertunda. Sehingga besar harapannya agar kali ini jangan tertunda lagi karena merugikan masyarakat.

“Pembangunan PLBN menjadi kebutuhan masyarakat Amfoang. Semua akses di lintas batas negara ini sangat penting sehingga hubungan budaya dan ekonomi diantara dua negara diharapkan dapat terus berjalan dan menjadi nilai tambah bagi masyarakat,” ungkapnya. (ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!