Realme Ungkap Smartphone dengan Kamera 64 MP – Timor Express

Timor Express

INFO TEKNO

Realme Ungkap Smartphone dengan Kamera 64 MP

Smartphone Realme dengan kamera 64 MP quad camera.

GSMArena

Awal minggu lalu Realme memamerkan teknologi 64 MP quad camera-nya pada acara Inovasi Kamera di New Delhi, India. Sistem multikamera tersebut menjadi yang pertama dalam lini smartphone Realme.

Sebagaimana JawaPos.com (grup Timex) kutip dari GSMArena, Senin (12/8), smartphone 64 MP quad camera Realme menggunakan unit Samsung ISOCELL Bright GW1 64 MP sebagai sensor utama yang digabungkan dengan modul sudut ultra-wide, super makro, dan potret.

Sayangnya, kendati sudah secara resmi mengumumkan inovasi kamera smartphone terbarunya itu, nama dari smartphone tersebut masih misterius. Menurut GSMArena, semua unit smartphone 64 MP quad camera Realme masih ditutupi dengan case khusus untuk menyembunyikan desain asli. Para pengunjung hanya mendapat beberapa info terbatas pada pengaturan kamera.

Seperti bisa dilihat pada gambar, pengaturan empat kamera ditempatkan secara vertikal di sudut kiri atas perangkat prototipe. Sensor 64 MP Samsung ISOCELL Bright GW1 sensor berada paling atas. Susunan berikutnya diikuti oleh kamera sudut ultrawide, unit makro, dan sensor kedalaman.

Unit 64 MP memiliki sensor tipe 1/1,72 dan ukuran piksel 0,8 mikron. Cara kerjanya mirip dengan sensor 48 MP dari sensor ISOCELL. Sensor menggunakan teknologi Tetracell (versi Samsung dari Quad-Bayer Sony) yang berarti secara efektif sensor 16 MP dengan piksel 1,6 mikron besar dan HDR real-time.

Sensor memang memiliki algoritme demosaic untuk bidikan 64 MP penuh. Tetapi ada begitu banyak interpolasi yang membuat gambar memiliki detail yang terbatas dalam beberapa kasus pemotretan.

Namun Realme telah memasang grafik MTF pada layar smartphone. Menurut perbandingan GSMArena soal smartphone 64 MP Realme dengan Redmi K20 Pro 48 MP, Realme mampu menunjukkan bagaimana ponselnya menyelesaikan lebih banyak detail daripada flagship Redmi.

Sensor selanjutnya ada ultra-wide dan super makro. Modul sudut ultra-wide memiliki apertur f/ 2.2 dengan sudut pandang 119 derajat dan mengambil gambar dalam resolusi 8 MP. Ini juga mendukung HDR.

Sementara untuk kamera supermakro dalam pengaturan kamera quad ini memiliki aperture f/2.4 besar 1,75 mikron piksel. Itu berarti objek foto bisa sedekat 4 cm dengan posisi lensa.

Terakhir untuk lensa potret atau pendeteksi kedalaman. Lensa ini mendukung lima gaya potret baru dan delapan mode kecantikan wajah yang disempurnakan. Pada acara tersebut, Realme menyebut bahwa sistem kamera quad-nya akan mencakup lensa tele 2x, sehingga pengguna bisa melihat lensa potret diganti dengan lensa tele.

Namun, seorang eksekutif perusahaan mengatakan bahwa ‘lensa telefoto’ tidak akan mendukung zoom optik. Prototipe menawarkan 2x dan 5x zoom, tetapi tanpa lensa telefoto dan dilakukan secara digital sehingga hasilnya tidak terlalu besar.

Jadi kapan smartphone quad kamera 64 MP ini hadir? Realme mengatakan akan meluncurkan smartphone quad camera 64 MP di India sebelum festival Diwali yang dimulai 27 Oktober. Perusahaan juga mengumumkan akan menghadirkan ketiga lini produknya, yakni seri Realme utama, seri Pro, dan X seri ke pengaturan kamera quad.

Namun, salah satu slide presentasi pada acara tersebut tidak mengungkap 64 MP pada series 5 dan 5 Pro. Hal ini bisa menjadi sinyal bahwa smartphone tersebut akan dikirimkan dengan pengaturan kamera quad tanpa sensor 64 MP.

Artinya, smartphone 64MP kemungkinan akan menjadi bagian dari jajaran X. Seorang eksekutif Realme mengatakan kepada GSMArena bahwa smartphone tersebut bisa saja X2, namun perusahaan belum memutuskan nama untuk perangkat teranyarnya itu. (jpg/tom)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!