TBM Undana Kunjungi Buoyant Montessori School – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

TBM Undana Kunjungi Buoyant Montessori School

PRAKTEK.Sejumlah siswa Buoyant Montessori School Kupang mengikuti kegiatan TBM Goes to School, 9 Agustus 2019 lalu.

ISTIMEWA

KUPANG, TIMEX-Tim Bantuan Medis (TBM) Komodo Fakultas Kesehatan (FK) Undana Kupang melaksanakan kegiatan “TBM Goes to School” dengan mengunjungi Buoyant Montessori School Kupang, 9 Agustus 2019.

Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan perilaku hidup sehat dan penanganan awal pada masalah kesehatan sehari-hari pada anak-anak. Menurut Eko Nur Ismail, Ketua TBM Komodo, kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin TBM Komodo yang sudah dilakukan ke berbagai sekolah yang ada di Kupang.

Khusus kegiatan di Buoyant Montessori School Kupang, kata Eko memiliki tantangan yang sangat berbeda. Hal ini karena menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. “Ini merupakan pengalaman baru bagi kami,” kata Eko.

Proses pembelajaran dilakukan dengan cara pemaparan materi dan praktek secara langsung dalam kelompok kelompok kecil yang dibagi berdasarkan usia. Materi disampaikan oleh Reynardo K.H. Purba bersama personil TBM Komodo lainnya dan diawasi oleh pembina TBM Komodo dr. I Nyoman Sasputra Sp.PA M.Biomed.

Siswa-siswi yang terdiri dari lower grade hingga upper grade terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Terutama pada saat praktek bagaimana cuci tangan yang benar, penanganan pada saat mimisan dan juga penanganan pada luka serta apa yang harus dilakukan pada saat mereka terkilir.

Dokter I Nyoman Sasputra menjelaskan, TBM Komodo merupakan salah satu unit kegiatan kemahasiswaan yang ada di Fakultas Kedokteran Undana. TBM ini dibentuk dengan tujuan membantu masyarakat dan pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan apabila nanti ada kejadian-kejadian luar biasa seperti bencana alam, wabah serta kecelakaan massal di samping kegiatan kesehatan lainnya.

TBM Komodo FK Undana bukan hanya bertugas pada kegawatdaruratan medis saja. Harus bisa menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar. Dimana salah satunya dengan melaksanakan kegiatan ini yang merupakan salah satu program kerja rutin dalam membantu penyeberluasan edukasi dasar kesehatan untuk masyarakat terutama generasi muda demi terwujudnya bangsa Indonesia yang sehat dan sejahtera,” papar dia.

Pemilik Buoyant Montessori School Kupang, David Fulbertus mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Dia berterima kasih sebesar-sebesarnya kepada TBM Komodo. David berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dengan materi dan topik-topik kesehatan lainnya.(*/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!