Bank NTT Persiapkan Proses Seleksi Calon Dirum – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Bank NTT Persiapkan Proses Seleksi Calon Dirum

Tunggu Sinyal dari PSP Untuk Eksekusi

KUPANG, TIMEX – Jabatan Direktur Umum (Dirum) Bank NTT defenitif hingga kini masih lowong. Mengingat peran Dirum juga sangat vital di dalam struktur kepengurusan Bank NTT, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTT sudah menyarankan agar Bank NTT segera memproses kembali pencalonan Dirum.

Komisaris Independen, Frans Gana kepada Timor Express belum lama ini mengatakan, secara internal, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan proses seleksi calon Dirum Bank NTT. Dan dalam pembahasan di internal, pihaknya sudah mulai melihat kembali SOP (Standar Operasional Prosedur) tentang pencalonan pengurus Bank NTT yang telah direvisi dan disepakati dalam RUPS-LB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) pada November 2018 lalu.

“Sebenarnya pembicaraan-pembicaraan secara internal mengenai proses seleksi calon Dirum sudah dimulai. SOP-nya sudah kita lihat kembali. Paling tidak, tahapan-tahapan, kriteria calon, dan lain sebagainya, tetap kita berpedoman pada SOP yang sudah disepakati dalam RUPS-LB,” jelas akademisi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang itu.

Frans menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membangun konsolidasi dengan Pemegang Saham Pengendali (PSP) dalam hal ini Gubernur NTT, karena proses pencalonan pengurus sebagaimana amanat RUPS harus dikonsultasikan dengan PSP. Jika sudah ada sinyal dari PSP untuk segera memproses pencalonan Dirum, maka Bank NTT melalui Komite Renumerasi dan Nominasi (KRN) akan menindaklanjutinya.

“Secara manajemen, kita baru terbentuk (baru dilantik, red). Jadi sekarang masih pada tahapan konsolidasi dulu, termasuk dengan PSP. Mungkin dalam dua tiga bulan ke depan, kita sudah mulai proses. Tapi kalau PSP bilang segera, kita pasti akan eksekusi,” katanya.

oleh karena Dirum defenitif masih lowong, lanjut Frans, Saat ini pelaksana tugas (Plt) Dirum masih diemban oleh Direktur Utama Bank NTT, Izhak Eduard Rihi. Sebelumnya, Plt Dirum diemban oleh Direktur Pemasaran Dana, Alexander Riwu Kaho.

“Sementara Plt Dirum masih diemban oleh Pak Izhak selaku Dirut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala OJK Provinsi NTT, Robert HP. Sianipar saat dimintai tanggapannya sehubungan dengan hari ulang tahun Bank NTT tanggal 17 Juli 2019 lalu, juga menyinggung soal jabatan Dirum yang masih lowong.

“Soal jabatan Dirum yang masih lowong, OJK NTT berharap segera dipenuhi untuk memperlancar operasional Bank NTT. Kami tetap memantau proses ini agar Bank NTT terus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat NTT,” kata Robert saat itu. (tom)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!