BETUN – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

BETUN

SAMBUTAN. Ketua TP PKK Provinsi NTT, Julie Laiskodat memberikan sambutan saat melakukan kunjungan ke Desa Umatoos, Jumat (9/8).

KRISTOFORUS BERE/TIMEX

Umatoos Jadi Desa Model

KETUA TP PKK Provinsi NTT, Julie Laiskodat memilih Desa Umatoos sebagai desa model. Dipilihnya Desa Umatoos sebagai desa model karena desa tersebut memiliki potensi pariwisata yaitu pantai Abodenok yang direncanakan akan dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik untuk wisatawan.

“Selain itu, Desa Umatoos merupakan desa leluhur Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran,” Julie Laiskodat saat mengunjungi Desa Umatoos, Jumat (9/8).

Ia berkeinginan, disetiap kabupaten/kota bersama TP PKK Provinsi melakukan kerja sama membuat suatu mode, yaitu mode penguatan ekonomi rakyat berbasis pariwisata. Kegiatan-kegiatan ekonomi dilakukan secara mandiri oleh keluarga-keluarga yang ada didesa dan TP PKK Provinsi jadi promotor.

Pada kesempatan itu, Julie melakukan sosialisasi desa model dan monitoring serta evaluasi kinerja tingkat Kecamatan Malaka Barat di Desa Umatoos.

Saat memberikan sosialisasi tentang desa model menjelaskan, di NTT memiliki potensi dan alamnya luar biasa yang sudah diberikan Tuhan secara gratis yang mana harus dikembangkan.

“Setiap kabupaten yang ada di NTT memiliki potensi alam dan kekhasan budaya dan adat istiadat yang bervariasi yang memikat dan memanjakan hati. Misalnya, di Kabupaten Alor satu pulau memiliki 54 bahasa lokal. Selain itu, kita punya Komodo, Kelimutu dan masih banyak kekayaan alam lainnya yang belum sempat di eksplor secara baik. Ini membutuhkan kerja sama dari semua sektor untuk mengembamgkan potensi yang ada,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, alam NTT sungguh mempesona dan menawan hati untuk wisatawan lokal maupun mancangera. Tapi kalau dikembangkan dan dikemas secara baik akan memberikan dampak yang positif dalam kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sehingga kita tidak diberi label sebagai Provinsi Nanti Tuhan Tolong atau Nasib Tidak Tentu. Hilangkan dan tinggalkan itu melalui kegiatan sosialisasi desa model menjadi barometer untuk menentukan NTT Bangkit dan Sejahtera,” tegasnya.

Dirinya menuturkan, tujuan pembentukan desa model untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa-desa. Karena itu pihaknya meminta keterlibatan semua sektor terkait untuk melakukan kerja sama yang baik, sehingga Provinsi NTT tidak lagi terbelakang dibandingkan dengan provinsi lainnya, sesuai dengan potensi yang ada disetiap desa terutama bidang pariwisata dan tenun ikat yang menjadi primadona dan jati diri Kabupaten Malaka dalam balutan program unggulan Bupati Malaka yaitu Revolusi Pertanian Malaka.

“PKK NTT akan membentuk satu desa disetiap kabupaten sebagai desa model. Dalam desa model ini kita akan lakukan program-program pokok PKK yang langsung ditangani oleh setiap kelompok kerja. Karena itu kita harus kerja sama untuk majukan desa, kabupaten dan provinsi kita,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menyampaikan rasa sukacitanya atas kedatangan ketua TP PKK Provinsi NTT yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Malaka.

“Harapannya ke depan TP PKK lebih giat untuk menggali dan menggerakkan potensi-potensi yang ada di desa, sehingga bisa membawa perubahan bagi masyarakat terutama bidang pariwisata dan tenun ikat yang harus dikerjakan. Karena potensi tersebut memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus dalam menunjang pendapatan dan pertumbuhan ekonomi selanjutnya,” ungkapnya. (mg30/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!