Puskesmas Camplong Sosialisasi UKS/UKGS di SMK-PP Negeri Kupang – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Puskesmas Camplong Sosialisasi UKS/UKGS di SMK-PP Negeri Kupang

CEK TEKANAN DARAH. Salah seorang tim medis dari Puskesmas Camplong tengah mengecek tekanan darah salah satu siswa peserta sosialisasi UKS/UKGS di sekolah itu, Selasa (13/8). (Foto: Dok SMK-PP Negeri Kupang).

OELAMASI-Para siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang mendapat pengetahuan berharga dari jajaran Puskesmas Camplong, Kecamatan Fatule’u, Selasa (13/8/2019).
Pelajaran dimaksud adalah penerapan pola hidup sehat bagi para siswa melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah/Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKS/UKGS) dalam sosialisasi oleh tim yang dipimpin dr. Welci Novida Otemutu, bertempat di aula Nicholas Bait, SMK-PP Negeri Kupang, kemarin. Dokter Welci datang bersama Susana M. C. Da Silva, dan Evriana D. M. Mulik.
Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Ir. Stepanus Bulu, MP dalam kesempatan tersebut mengatakan, sosialisasi UKS/UKGS oleh Puskesmas Camplong di sekolah ini merupakan kegiatan pembinaan yang dilaksanakan secara berkala. “Jadi kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri yakni Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri tentang peningkatan kesehatan di lingkungan sekolah,” jelas Stepanus.
Stepanus berharap para siswa kelas X memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menangkap dengan baik apa yang dijelaskan tim dari Puskemas Camplong sehingga ke depan lahir budaya hidup sehat dan bersih, tidak saja bagi diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar.
Sebagaimana terlihat, kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita itu mendapat perhatian serius siswa peserta sosialisasi.
Maklum karena materi yang diberikan tim dr. Welci itu seputar kebersihan dan kesehatan diri.
Beberapa siswa melontarkan sejumlah pertanyaan terkait bahaya HIV/AIDS, apakah dapat tertular melalui sabun yang sudah dipakai penderita? Apakah ada rekomendasi sabun yang baik untuk kesehatan kulit? Bahkan ada siswi yang bertanya soal tanda-tanda keputihan yang dialami kaum perempuan.
Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan siswa dijawab dengan tangkas oleh tim dr. Welci.
Dalam sosialisasi itu, tak cuma materi ceramah dan diskusi yang diperoleh siswa, namun dalam kegiatan UKS/UKGS ini dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi, telinga, pemeriksaan buta warna, dan tekanan darah secara gratis.
“Saya senang mengikuti sosialisasi ini karena banyak pengetahuan baru yang saya dapat,” ujar Selfiana Roko, siswi kelas X SMK-PP Negeri Kupang.
Ina Maya, siswi yang lainnya juga berharap ke depan ada lagi sosialisasi serupa di sekolah mereka. (*/aln)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!