Siswa SMA Dilatih untuk Perangi Radikalisme – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Siswa SMA Dilatih untuk Perangi Radikalisme

DIALOG.Ketua Cabang GMKI Kupang, Ferdinand Umbu Tay Hambandima pose bersama Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kesiswaan, Ketua Osis dan Sekretaris Osis SMA Mercusuar Kupang usai pertemuan di ruang kerja Kepala Sekolah, Selasa (13/8)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

GMKI Cabang Kupang Gelar Pelatihan

KUPANG, TIMEX – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mulai membangun jejaring kerja sama untuk peningkatan kapasitas kepemimpinan khusus kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kerja sama dengan SMA ini merupakan salah satu program tour sekolah dari GMKI Cabang Kupang yang digelar setiap tahun. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk menanamkan semangat nasionalis dan kebangsaan agar paham-paham radikal tidak gampang mempengaruhi anak-anak usia sekolah.

Ketua Cabang GMKI Kupang, Ferdinand Umbu Tay Hambandima kepada Timor Express, Selasa (13/8) mengatakan, salah satu sekolah yang terpilih untuk kegiatan tersebut, yakni SMA Kristen Mercusuar Kupang yang beralamat di Jalan Herewilla No.52, Naikoten II, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Selain SMAK Mercusuar, ada pula sekolah SMA Negeri 8 Kota Kupang. Sedangkan sekolah lainnya masih dilakukan koordinasi untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Dijelaskam, ini merupakan kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepemimpinan dan direncanakan akan terselenggara pada bulan Oktober 2019 mendatang.

“Selain dua sekolah tersebut kita juga sementara berkoordinasi dengan sekolah lain di Kota Kupang untuk mengadakan kegiatan ini. Karena radikalisme seperti yang kita ketahui sangat mengancam kesatuan bangsa ini,” ujarnya.

Lanjutnya, mensinergikan program tersebut merupakan upaya untuk memerangi radikalisme sejak dini, yakni mulai dari bangku pendidikan, maka pihaknya memilih siswa SMA sebagai peserta.

“Meningkatkan pemahaman kebangsaan bagi siswa dan penyampaian pengetahun terhadap ormas-ormas radikal yang ingin merongrong Pancasila dan seluruh peserta akan dilatih soal manajemen kepemimpinan. Juga cara mencegah dan memperkokoh semangat hidup yang pancasilais,” katanya.

Ferdinand berharap peserta serius dalam mengikuti kegiatan yang akan dilangsungkan ini agar memahami semangat hidup berbangsa dan bernegara.

Kepada seluruh sekolah tingkat SMA di Kota Kupang yang tengah digagas kerja sama, dapat menerima kerja sama yang dibangun agar bersama mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan GMKI Cabang Kupang, perangi radikalisme sejak dini.

“Semua sekolah yang ada di Kota Kupang diharapkan dapat menyambut baik akan kegiatan ini agar selain kegiatan belajar mengajar, kita dapat mencegah upaya radikal sejak dini melalui sosialisasi dan pelatihan ini,” turupnya. (mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!