1.859 Maba Unwira Ikut PKKMB – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

1.859 Maba Unwira Ikut PKKMB

POSE.Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus, P. Yulius Yasinto, SVD, MA, M.Sc didampinggi Rektor Unwira Kupang, P. Dr. Philipus Tule, SVD dan jajaran pose bersama usai membuka kegiatan PKKBM, Kamis (15/8).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Sebanyak 1.859 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019.

Kegiatan berlangsung selama dua hari di Kampus Unwira jalan San Juan Penfui Kupang, yakni tanggal 14-15 Agustus 2019. Para mahasiswa baru tampil rapih mengenakan kemeja putih dengan celana serta rok hitam dan kepala dibalut tali merah putih.

PKKMB tahun ajaran 2019/2020 ini diikuti sebanyak 1.859 mahasiswa baru dari tujuh fakultas. Panitia mengagendakan berbagai materi sesusi petunjuk dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

PKKMB dibuka Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus, P. Yulius Yasinto didampinggi Rektor Unwira Kupang, P. Dr. Philipus Tule dan dilanjukan dengan penyerahan hadir BNI Cabang NTT, berupa 1 unit motor sampah dan 2 unit sepeda motor. Motor sampah akan digunakan untuk mengangkut sampah di seputaran kampus. Sementara sepeda motor digunakan untuk berbagai keperluan di luar kampus.

Materi pertama usai pembukaan, tentang lembaga perguruan tinggi Unwira, Sistem Pendidikan Tinggi, Radikalisme dan Intoleransi serta Revolusi mental yang dibawakan oleh Rektor, P. Philipus Tule SVD, Kamis (15/8).

Selain itu, mahasiswa baru juga dibekali materi Wawasan Bela Negara yang dibawakan Komandan Korem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Syaiful Rahman. Selanjutnya Materi Bijak Bermedia Sosial dibawakan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman yang diwakili Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol.Jules Abraham Abast.

Rektor Unwira Kupang, P. Dr. Philipus Tule, SVD usai membawakan materi, kepada Timor Express menyampaikan rasa bahagia dan ucapan terimah kasih kepada seluruh masyarakat NTT karena jumlah mahasiswa baru tahun ini meningkat.

Dikatakan, jumlah mahasiswa yang terus meningkat tersebug tentu mendorong pihaknya agar terus meningkatkan mutu pendidikan dan infrastruktur di Unwira. “kita ingin tidak hanya banyak saja, tetapi mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sehingga kelak menjadi lulusan yang berkualitas juga,” ujarnya.

Dijelaskan ada banyak faktor dan alasan mengapa jumlah mahasiswa meningkat setiap tahun, di antaranya kesadaran orangtua dan anak sendiri untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Lanjutnya, Unwira juga menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. Sehingga memberikan kontribusi positif maka saat ini bisa menarik minat para calon mahasiswa.

“Ketertarikan mahasiswa dan memilih Unwira sebagai perguruan tinggi untuk melanjutkan studi mereka karena banyak faktor. Bukan saja Unwira namun juga perguruan-perguruan tinggi lain juga mengalami hal yang sama karena masyarakat kita sudah mulai sadar beta pentingnya pendidikan itu,” jelasnya.

Pater Philipus mengaku pada September ini Unwira akan memasuki usia yang ke-37. Menurutnya, Dies Natalis ke-37 ini Unika Widya Mandira telah melakukan berbagai usaha pengembangan, antara lain pengembangan SDM.

Pengembangan SDM dilakukan dengan mengirimkan 21 dosen melanjutkan studi ke jenjang S3 di dalam dan di luar negeri. Empat orang telah menyelesaikan studi mereka, yakni Dr. Elvis Albertus Bin Toni, Dr. Don Da Costa, ST, MT, Dr. Kristo Djawa Djong, M.Pd, dan Dr. Samuel Igo Leton, S.Pd, M.Pd.

Selain itu pengembangan dan finalisasi pembangunan sarana dan prasarana kampus Penfui terus berjalan, pengembangan di bidang penelitian dan publikasi para dosen dengan mengefektifkan UNWIRA PRESS dan pengurusan HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) dari karya para dosen lewat LPPM, terakreditasnya S-4 untuk Jurnal ARTEKS (IPLBI).

“Oleh karena itulah kita terus mengusahakan penegakan disiplin, penajaman arah dalam pengembangan karakter agar Unika Widya Mandira lebih peka dan tanggapterhadap kebutuhan lingkungan dan masyarakat luas,” ungkapnya.

Untuk diketahui Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Tahun Akademik 2019/2020 diikuti sebanyak 1.859 yang tersebar di 20 program studi (prodi) S1 dan 7 Fakultas.

Jumlah tersebut sesuai rincian, FKIP sebanyak 382 orang, F. Teknik 446 orang, FEB 444 orang, FISIP sebanyak 361 orang. Selain itu Fakultas Hukum terdapat 121 orang, FFA 78 orang dan
MIPA 27 orang.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!