Siswa Kelas XII IPA 5 SMANZA Hadirkan Pojok Baca – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Siswa Kelas XII IPA 5 SMANZA Hadirkan Pojok Baca

SERIUS. Beberapa siswi Kelas XII IPA 5 SMAN 1 Kupang tampak serius membaca buku memanfaatkan pojok baca di kelas tersebut, Jumat (16/8). (Foto: Istimewa)
  • Budayakan Gerakan Literasi Sekolah

KUPANG, TIMEX-Para siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang (SMANZA) menghadirkan suasana baru di kelas mereka. Menyemarakkan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) tahun ini para siswa yang diampu Dwi Wahyuningsih, S.Pd sebagai wali kelas melahirkan ide kreatif dengan menghadirkan pojok baca atau reading corner di salah satu sudut ruangan kelas XII IPA 5.
Dwi Wahyuningsih di Kupang, Jumat (16/8/2019) menjelaskan, reading corner yang dibuat siswanya merupakan bagian dari serangkaian kegiatan di SMANZA Kupang dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI. “Atas atensi ibu kepala sekolah (Dra. Marselina Tua, M.Si, Red), dalam rangka menyemarakkan HUT RI tahun ini kami mengadakan sejumlah kegiatan pertandingan/perlombaan, misalnya pertandingan futsal antarkelas, lomba menyanyi lagu Indonesia Raya tiga stanza, lomba memasak nasi goreng oleh bapak-bapak guru dan pegawai, lomba 7K (keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan, kerindangan, kerapihan, dan keindahan) dan jalan sehat,” ungkap wali kelas yang juga anggota Pokja Humas SMANZA Kupang ini.
Menyikapi hal tersebut, lanjut Dwi, kelas XII IPA 5 berusaha membuat sesuatu yang lain dalam perayaan HUT RI kali ini.
Sebagai wali kelas, Dwi Wahyuningsih memimpin langsung anak asuhannya mengikuti lomba 7K dengan membuat pojok baca dalam kelas.
Menurut Dwi, lahirnya ide membuat pojok baca ini karena dia ingin anak-anak asuhannya tetap semangat meningkatkan budaya baca, tidak saja di sekolah tapi dimanapun berada. “Ini merupakan upaya mendukung program gerakan literasi sekolah yang dicanangkan pemerintah. Apalagi saya mengamati, minat baca anak anak di kelas cukup rendah sehingga saya berinisiatif mengajak anak-anak membuat sudut baca yang nyaman juga menarik bagi mereka,” jelas ibu tiga anak ini. “Dengan adanya sudut baca ini di kelas, saya berharap dapat menumbuhkan minat baca anak-anak kami, apalagi mereka adalah kelas persiapan mengikuti ujian nasional tahun depan,” tambah Dwi.
Larasati Ndoki, salah satu siswa kelas XII IPA 5 mengaku bangga dengan hasil dari kerja keras mereka selama lebih kurang empat hari mempersiapkan pojok baca tersebut.
Menurut Laras, material untuk membuat reading corner ini sebagian besar adalah bahan-bahan daur ulang sehingga tidak menjadi sampah. “Kami senang karena sejak kelas 10 sampai kelas 12, inilah kelas pertama yang ada pojok bacanya. Terima kasih buat ibu wali kelas kami (Dwi Wahyuningsih, Red) yang sudah memotivasi dan mendampingi kami selama kami mengerjakan pojok baca ini,” ungkap Laras. (aln)



1 Comment

1 Comment

  1. Stevlielay

    January 11, 2020 @07:53 at 07:53

    Most Reliable Canadian Pharmacies Cialis Finasteride Order

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!