Libatkan Anak-anak, Edukasi Nilai Kepahlawanan – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Libatkan Anak-anak, Edukasi Nilai Kepahlawanan

MAKAN KERUPUK. Anak-anak RT 11/RW 03, Kelurahan Oeba antusias mengikuti lomba makan kerupuk dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Minggu (18/8).

FENTI ANIN/TIMEX

Semarak Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kelurahan Oeba 

Aneka kegiatan lomba digelar warga Kelurahan Oeba untuk memeriahkan peringatan HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia.

FENTI ANIN, Kupang

WARGA masyarakat di wilayah RT 11/RW 03, Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, menggelar aneka lomba memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, Minggu (18/8).

Acara ini digelar di halaman rumah Ketua RT 11, dan dihadiri oleh puluhan warga, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Lomba yang digelar yaitu lomba makan kerupuk untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, lomba menghafal Pancasila dan UUD 45, juga lomba menyanyikan lagu perjuangan dengan peserta para orangtua.

Kegiatan ini digelar secara sederhana namun meriah. Itu karena kegiatan ini baru pertama kali yang diselenggarakan di RT 11.

Seusai rangkaian lomba, semua warga ramai-ramai makan bersama sebagai tanda ucapan syukur dan semangat persaudaraan yang selama ini sudah terjalin secara baik.

Ketua RT 11/RW 03 Kelurahan Oeba, Marthen C.R. Djawa, mengatakan, lomba dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di tingkat RT.

“Tentunya ada tujuan kami menggelar berbagai lomba ini. Yang pertama adalah agar memperkuat generasi dengan nilai-nilai nasionalisme agar bisa tertanam dalam diri, bahwa mereka adalah generasi penerus bangsa ini, yang harus menjunjung tinggi semangat nasionalisme,” kata Marthen.

Dia menjelaskan, di zaman ini, dimana anak-anak lebih suka memegang gadget, tentunya ada dampak positif dan negatifnya.

Tentu sebagai orangtua harus berperan agar anak-anak bisa memahami dan belajar perjuangan para pahlawan kemerdekaan terdahulu.

“Jadi kita harus mengajarkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus ini, bagaimana perjuangan para pahlawan, karena setiap tahunnya kita merayakan HUT RI, namun anak-anak belum tentu tahu bagaimana perjuangan para pahlawan kita yang sudah memperjuangkan kemerdekaan ini,” ujarnya.

Jadi menurut Marthen, lomba ini juga harus bisa mengedukasi anak-anak, tidak hanya asyik berlomba, tetapi juga ada pesan dan edukasi yang mereka dapatkan. (*/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!