REI-Bank NTT Rumahkan 139 Keluarga – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

REI-Bank NTT Rumahkan 139 Keluarga

PENUTUPAN EXPO. Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby dan jajaran pengurus DPD REI NTT, Ketua BPOD REI NTT, Bobby Lianto, Kadiv UMKM & Konsumer Bank NTT, Sonny Pellokila, Kadiv Pemasaran Kredit, Beny Pellu serta Ketua Panitia Bank NTT REI Expo 2019, Simson Polin menekan sirene untuk menutup expo di Atrium Lippo Plaza Kupang, Minggu (18/8) malam.

TOMMY AQUINO/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Bank NTT REI Expo 2019 yang berlangsung selama sepuluh hari di Atrium Lippo Plaza Kupang resmi ditutup pada Minggu (18/8) malam tadi. Dari expo yang diikuti 13 developer tersebut, DPD REI NTT bersama Bank NTT berhasil merumahkan 139 keluarga.

Hadir dalam acara penutupan Bank NTT REI Expo 2019, Ketua DPD REI NTT, Bobby Thinung Pitoby dan jajaran pengurus DPD REI NTT, Ketua BPOD REI NTT, Bobby Lianto, Kepala Divisi (Kadiv) UMKM & Konsumer Bank NTT, Sonny Pellokila, Kadiv Pemasaran Kredit Bank NTT, Beny Pellu, para developer dan notaris. Hadir pula para kontestan dan jawara pada beberapa perlombaan yang digelar selama pelaksanaan expo, serta orangtua mereka masing-masing.

Ketua Panitia Bank NTT REI Expo 2019, Simson Polin dalam laporan kepanitiaan, menyebutkan, rumah yang terjual selama pelaksanaan expo sebanyak 139 unit dengan nilai penjualan sebesar Rp 22,4 miliar. 130 unit diantaranya adalah rumah subsidi, sedangkan 9 unit lainnya adalah rumah komersil/premium.

“Target penjualan yang kita sampaikan di awal yakni 250 unit dengan nominal Rp 35 miliar. Namun capaiannya hanya sekitar 65 persen. Tapi kita tetap bersyukur karena berhasil merumahkan 139 keluarga, mengingat angka backlog perumahan di NTT masih tinggi yakni 90.535 unit,” katanya.

Simson mengatakan, penjualan rumah yang tidak mencapai target pada expo kali ini, selain karena harga perumahan sudah naik dari Rp 148,5 juta menjadi Rp 158 juta, bisa juga disebabkan karena masyarakat masih sibuk dengan berbagai perlombaan yang digelar di kelurahan, RT/RW masing-masing. Namun panitia optimis, penyerapan perumahan akan semakin meningkat setelah expo. Sebab banyak masyarakat yang menggunakan momen ini (expo, red) untuk mendapatkan informasi soal harga, spesifikasi perumahan dan lain sebagainya. Setelah expo, mereka baru memutuskan untuk membeli rumah.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bank NTT yang mendukung pemerintah dan REI dalam menyediakan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) subsidi bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah),” kata Simson Polin.

Sementara Ketua DPD REI NTT, Bobby Thinung Pitoby dalam sambutan, mengatakan, pencapaian penjualan memang masih jauh dari target. Nmun tujuan dari pelaksanaan Bank NTT REI Expo 2019 itu sendiri sudah tercapai. Sebab, selain menjual rumah atau merumahkan masyarakat, tujuan expo adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai program-program pemerintah yang ada saat ini. Yaitu program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dan program BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan). Program-program ini yang perlu diketahui masyarakat sehingga mereka bisa mendapat rumah.

“Artinya kita berhasil mengedukasi masyarakat mengenai bantuan rumah subsidi dari pemerintah yang mereka bisa miliki lewat dua program ini. Bagi yang pendapatannya di bawah Rp 4 juta, bisa manfaatkan program FLPP. Sedangkan yang pendapatannya Rp 4-6 juta, bisa manfaatkan program BP2BT,” jelasnya.

Bobby juga bersyukur karena perumahan yang terjual tidak hanya berada di Kota Kupang, tetapi juga di beberapa kabupaten lain. Seperti di Atambua, Rote, Sabu, Kabupaten Kupang dan Sumba. “Anggota REI NTT sudah membangun perumahan di 18 kabupaten/kota. Yang belum di Kabupaten Malaka, Nagekeo, Manggarai Timur dan Lembata,” katanya.

Untuk menekan angka backlog di NTT yang masih sangat besar, Bobby mengatakan, DPD REI NTT pada tahun ini menargetkan pembangunan rumah sebanyak 3.500 unit. Sampai dengan bulan Juni 2019, sudah 1.800-an unit rumah yang terbangun. Sayangnya, penyerapan rumah pun masih sedikit melambat. Oleh karena itu, REI NTT mohon dukungan dari pemerintah dan perbankan untuk bisa mempercepat proses penyerapan rumah, terlebih rumah subsidi.

“Kami berterimakasih kepada Bank NTT yang selalu mendukung REI di dalam pelaksanaan expo. Ini expo keenam dimana Bank NTT menjadi sponsor tungggal.  Kami berharap, sinergisitas ini bisa berjalan lebih baik ke depan sehingga kita bisa sama-sama merumahkan MBR pada rumah yang layak huni,” katanya.

Bobby menambahkan, apabila permintaan pasar meningkat, kemungkinan pihaknya akan mengadakan expo ketiga di tahun ini. Dan mengingat per 1 Januari 2020, harga rumah subsidi akan naik dari Rp 158 juta menjadi Rp 168 juta, dia berharap masyarakat segera membeli rumah.

Selanjutnya, Kadiv UMKM & Konsumer Bank NTT, Sonny Pellokila dalam sambutan, mengatakan, sampai dengan akhir Juli 2019, KPR FLPP yang sudah disalurkan melalui Bank NTT sebanyak 1.324 unit. Kendati demikian, capaian ini juga belum sesuai dengan harapan Bank NTT, mengingat manajemen menginginkan agar Bank NTT lebih berperan dalam pembiyaaan perumahan bagi MBR.

“Kami berharap DPD REI NTT dapat memberikan masukan dan arahan kepada kami untuk mempercepat dan meningkatkan penyaluran KPR FLPP, karena kami juga baru beberapa tahun terakhir turut serta dalam penyaluran KPR FLPP,” kata mantan Kadiv Perencanaan & Corporate Secretary Bank NTT itu.

Sonny juga optimis, hingga akhir 2019, target penyaluran KPR FLPP diberikan pemerintah pusat (Kementerain PUPR) kepada Bank NTT bisa tercapai. Dengan demikian, Bank NTT bisa kembali dipercayakan sebagai salah bank penyalur KPR FLPP pada tahun 2020 mendatang.

Untuk diketahui, pada expo kali ini, panitia juga menggelar lomba menyanyi tingkat SD, lomba baca puisi bertema kebangsaan tingkat SD, dan lomba mewarnai tingkat PAUD dan SD. Bersamaan dengan seremonial penutupan expo, turut dilakukan penyerahan hadiah bagi para jawara. Selain itu, pada tanggal 12 Agustus 2019 lalu, panitia bekerja sama dengan PSMTI Kota Kupang dan Full Gospel Fellowship International juga menggelar aksi donor darah. Aksi sosial ini berhasil mengumpulkan 216 kantong darah. (tom)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!