Damianus Kembali Pimpin Faperta Undana – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Damianus Kembali Pimpin Faperta Undana

PEMILIHAN.Dekan terpilih, Dr. Ir Damianus Adar,M.Ec saat memberikan hak suara pada pemilihan Dekan Faperta Undana di ruang rapat lantai II Faperta, Kamis (15/8)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Lima Calon Rebutan Dekan FKIP

KUPANG, TIMEX – Damianus Adar kembali terpilih menjadi Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang untuk periode kedua.

Melalui tahapan proses pemilihan dekan di Faperta oleh panitia, hasilmya Damianus Adar terpilih kembali dalam pemilihan yang digelar di ruang rapat lantai dua Faperta, Kamis (15/8).

Proses pemilihan Dekan Faperta periode kerja 2019-2023 di lingkungan Undana ini dilakukan secara tertutup dengan dihadiri 12 anggota senat Faperta.

Damianus mengalahkan calon lainnya yang ikut bertarung, yakni Dr.Doppy Roy Nendissa, MP. Pimpinan sidang, Prof.Dr.Ir. I Nyoman Mahayasa, MP di sela-sela penyiapan bilik pemungutan suara menjelaskan, metode yang dipakai dalam pemilihan dekan adalah menggunakan metode pemungutan suara oleh 12 anggota senat Faperta.

Dalam tahap pemungutan suara ada yang istimewa, yakni Rektor Undana, Prof.Ir.Fredrik Benu, M.Si., Ph.D memiliki hak suara 35 persen, atau sekira 7 suara. Sehingga pemberian suara juga dilakukan dua kali, yaitu sebagai rektor dan sebagai anggota senat Faperta.

“Jadi beliau sendiri memiliki hak suara sebanyak tujuh. Saat mencoblos surat suara, dia bisa bagi dua ataupun tidak, itu adalah hak beliau,” ungkapnya.

Perolehan suara terbanyak diraih Damianus Adar, yaitu 16 suara dan Roy Nendissa hanya memperoleh dua suara. Dengan demikian, Damianus Adar terpilih kembali sebagai Dekan Faperta periode kerja 2019-2023.

Prof. I Nyoman Mahayasa menambahkan, dua kandidat dekan terpilih hasil pemungutan suara akan segera diserahkan kepada rektor sehari kemudian untuk mendapatkan pertimbangan dari rektor agar dapat menentukan dekan terpilih dengan melihat kemampuan manajerial, curriculum vitae dan tentunya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan rektor.

Setelah itu, rektor akan menentukan jadwal pelantikan kandidat dekan terpilih sebelum tanggal 5 September 2019. Karena Dekan Faperta sekarang, Dr. Ir. Damianus Adar, M.Ec akan mengakhiri masa jabatannya 5 September 2019 mendatang.

Usai pemilihan Dekan terpilih, Dr.Ir Damianus Adar,M.Ec menjelaskan, saat penjaringan calon kandidat dekan sebelumnya 22 orang dosen Faperta memenuhi syarat. Tetapi hanya 13 orang yang bersedia mengisi formulir pendaftaran. Namun menjelang pengumuman hari penutupan, yang mendaftar hanya dua orang.

Ke depan, kata Adar, yang perlu didorong adalah peningkatan mutu pendidikan, baik akademik tentang pembelajaran dan non akademik yaitu mahasiswa Faperta akan didorong untuk berwirausaha.

“Ke depan, kami akan mendorong bagaimana pertanian di NTT ini, karena gizi buruk, stunting masih tinggi. Ini yang perlu kami benahi. Selain itu, pertanian lahan kering juga menjadi target ke depan yang perlu didorong untuk fokus di beberapa daerah seperti di Lembor ada 5.000 haktare, Mbay 3.500 haktare dan di Bena 1.500 haktare. Itu yang akan diubah pola tanam irigasi yang perlu dititik beratkan dengan sistem investasi lain. Sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak,” katanya.

Untuk diketahui Dekan Faperta tidak ada wajah baru dalam pemilihan dekan tersebut. Dr.Ir.Doppy Roy Nendissa, MP pernah menjabat Dekan Faperta. Setelah itu dipilih dan dilantik sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dalam masa kepemimpinan Rektor, Prof.Ir.Frans Umbu Datta, M.App.Sc., Ph.D. Dan, Dr.Ir.Damianus Adar,M.Ec yang mencalonkan diri kembali dan terpilih dengan suara terbanyak.

Humas Undana, David Sir, S.Sos., M.Hum, secara terpisah mengungkapkan, pemilihan dekan dengan metode pemungutan suara juga akan dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Selasa (20/8).

Terdapat lima kandidat calon dekan periode 2019-2023 yang akan tampil bersaing, yaitu, Dr. Drs. Labu Juli, M.Hum, Dr.Melkisedek Taneo, M.Si, Dr.Wara Sabon Dominikus, M.Sc, Prof.Dr.Simon Sabon Ola, M.Hum dan Dr.Paul Gabriel Tamelan,M.Si.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!