DPRD Harus Utamakan Kepentingan Rakyat – Timor Express

Timor Express

METRO

DPRD Harus Utamakan Kepentingan Rakyat

SUMPAH. Ke-40 anggota DPRD TTS saat diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri SoE, I Wayan Yasa pada acara pelantikan DPRD TTS Periode 2019-2024 di Gedung DPRD TTS, Senin (19/8).

YOPI TAPENU/TIMEX

Pelantikan DPRD TTS Periode 2019-2024

SOE, TIMEX – Ketua Pengadian Negeri SoE, I Wayan Yasa, Senin (19/8) secara resmi melantik 40 anggota DPRD Kabupaten TTS Periode 2019-2024. Acara pelantikan berlangsung di Gedung DPRD TTS sekira pukul 11.00 sampai 15.00.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati TTS Egusem Pieter Tahun menyampaikan proficiat kepada 40 anggota DPRD TTS yang dipercaya memperjuangkan aspirasi rakyat di parlemen.

Dijelaskan, masyarakat Provinsi NTT pada umumnya dan khususnya TTS, sampai saat ini masih bergumul dengan berbagai kesulitan hidup seperti kemiskinan, pendidikan, kesehatan, perumahan tidak layak huni, infrastruktur jalan, rendahnya sumber daya manusia (SDM) dan kesenjangan sosial lainnya. Oleh sebab itu, para anggota DPRD yang dipercayakan untuk mewakili rakyat di DPRD harus dapat memainkan peran dan fungsinya dengan baik. Dengan demikian dapat menjawab pergumulan masyarakat tersebut.

“Perjuangankanlah aspirasi masyarakat agar apa yang menjadi pergumulan selama ini dengan peran bapak ibu dapat menjawab kesulitan yang dialami masyarakat selama ini. Jangan sekali-kali mengkhianati rakyat, karena rakyat kalau dikhianati bisa menuai musibah di hati esok,” ungkap Egusem.

Dikatakan, fungsi DPRD adalah legislasi, anggaran dan pengawasan. Tiga fungsi itu diberikan oleh undang-undang agar bermitra dengan kepala daerah guna bersama-sama merancang dan melaksanakan pembangunan di daerah sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

DPRD merupakan mitra pemerintah, sehingga DPRD dan kepala daerah kedudukannya adalah sama. DPRD bukan bawahan pemerintah dan juga pemerintah bukan bawahan DPRD. Maka dari itu, kemitraan itu harus dikolaborasikan dengan baik agar bersama-sama berkerja sama, saling melengkapi dan mengayomi untuk membangun daerah. “DPRD dan pemerintah harus mampu bekerja sama dengan baik agar dapat menciptakan program-program pembangunan yang tepat sasaran,” kata Egusem.

Marcu Mbau selaku Ketua Sementara DPRD TTS dalam sambutannya mengatakan, lembaga DPRD merupakan tempat untuk berdemokrasi guna membangun daerah. Dalam berdemokrasi tentu akan banyak dinamika yang akan terjadi. Meski demikian, semua perjuangan bertujuan untuk menyejahterakan rakyat. Untuk itu, ia berharap di lembaga DPRD TTS nantinya terdapat suasana demokrasi yang harmonis, baik itu antara DPRD maupun dengan pemerintah selaku mitra kerja. “Mari kita satukan semangat untuk bersama-sama berjuang demi menciptakan masyarakat yang sejahtra,” ungkap politisi Partai Nasdem itu.

Marcu juga berharap agar dapat menciptakan demokrasi yang kompotitif dan solid dengan berpegang teguh pada kebersamaan. Karena jika DPRD sebagai representasi dari masyarakat tidak memiliki persepsi yang sama, maka tentu akan sulit untuk bersama-sama berjuang menyejahterakan rakyat sebagai pemegang kedaulatan.

Untuk itu, berdemokrasilah dengan santun sehingga bersama-sama memiliki peran yang sama dalam menjalankan fungsi DPRD. “Kita datang dari berbagai latat belakang. Jadi kolaborasikan kelebihan masing-masing, untuk kita sejahterakan rakyat TTS,” kata Marcu.

Pantauan koran ini, acara pelantikan DPRD TTS dihadiri sejumlah pejabat dari kabupaten/kota lainnya seperti Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, mantan Bupati TTS Daniel Banunaek, mantan Bupati TTS, Paulus Mella dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (yop/sam)



1 Comment

1 Comment

  1. Stevlielay

    January 15, 2020 @02:59 at 02:59

    Keflex Antibioltic Buy Levaquin Online Articulo 52 Buy Cialis Buy Azithromycin In Usa Doxycycline Drugs Cephalexin 500mg For Toothache

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!