Ebenhezer Gelar Lomba Khotbah Bahasa Inggris – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Ebenhezer Gelar Lomba Khotbah Bahasa Inggris

LOMBA. Elsye Jacob salah satu peserta lomba khotbah dalam Bahasa Inggris saat membawakan khotbanya di Gereja Ebenhezer Oeba, Kamis (15/8)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Diikuti 105 Pelajar

KUPANG, TIMEX – Upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak selamanya dilakukan di sekolah formal. Bisa dilakukan di luar lingkungan sekolah. Di sini, peran lembaga keagamaan seperti gereja juga dibutuhkan.

Melihat hal tersebut, Gereja Ebenhezer Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang melalui panitia Hari Raya Gerejawi (HRG) menggelar lomba khotbah menggunakan Bahasa Inggris bagi jemaat, khususnya untuk para pelajar.

Pelajar yang dilibatkan dibagi menjadi tiga kategori, yakni untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Para pelajar antusias mengikuti lomba tersebut. Jumlah peserta mencapai 105 yang tersebar di 33 rayon di wilayah pelayanan Gereja Ebenhezer Oeba.

Ketua Panitia sekaligus Ketua HRG Gereja Ebenhezer Oeba, Baren Pella kepada Timor Express menjelaskan, kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Selain HUT, juga merupakan rangkaian kegiatan dari bulan pendidikan karena bulan Agustus telah ditetapkan Sinode GMIT sebagai bulan pendidikan. Lomba tersebut digelar tanggal 14-16 Agustus 2019. Baren katakan, gereja memiliki peran dalam mendidik para remaja dalam membina kemampuan untuk menghadapi era digital yang terus berkembang saat ini.

“Untuk para pemuda kita memiliki visi, yakni Menghadapi era globalisasi dalam karakter iman Kristen. Sementara misinya mempersiapkan generasi muda sebagai pilar gereja. Maka melalui lomba berbahasa Inggris ini untuk mempersiapkan pemuda dalam menghadapi era global,” paparnya.

Era globalisasi akan datang dengan sendirinya dan menjadi tantangan tersendiri bagi generasi saat ini. Tidak hanya lokal atau di dalam negeri, namun dunia untuk menguasai bahasa internasional.

“Kita akan mulai dari komunikasi karena ke depan banyak orang asing yang datang dan ditemui. Di situ tidak ada sekat serta ruang lagi untuk kita berkembang tapi kita belum menyadari akan hal ini,” katanya.

Ditambahkan, tantangan masa yang akan datang, jauh lebih berat dari saat ini. Untuk itu perlu mempersiapkan pemuda dengan lifeskill melalui penguasaan bahasa asing.

Dikatakan, pemuda sebagai tulang punggung gereja harus dipersiapkan secara matang selain dilakukan pendidikan formal agar tidak terjadi degradasi. “Pemuda harus senang dengan Bahasa Inggris dan mau mulai dari awal. Orangtua perlu memberikan dukungan penuh kepada anak-anak,” tambahnya.

Baren menuturkan, menghasilkan orang pintar saja tidak cukup. Karakter kepemimpinan juga dibutuhkan dari dalam diri siswa. Maka mental anak harus dibina sejak dini. Para siswa mau tampil melalui wadah gereja.

Gereja menjadi rumah bagi semua jemaat untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan melalui pembinaan mental, karena semua sekolah formal tidak mendapatkan kegiatan serupa.

Perlombaan ini sebelumnya dilakukan seleksi terhadap para peminat di setiap rayon karena peminat sangat tinggi. Dan, peminat lomba dibagi menjadi tiga kategori bahan bacaan yang akan dibawakan.

Panitia menyediakan banyak ayat renungan, lalu peserta memilih bacaan yang cocok. Panitia menyiapkan tiga orang juri. “Peserta tidak hanya menghafal khotbahnya dalam Bahasa Inggris tetapi pesan yang disampaikan dalam bacaan tersebut serta monolog dan intonasi yang sampaikan kepada pendengar atau jemaat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dan lebih mendekatkan diri kepada gereja. Pihak gereja juga diharapkan dapat memberikan sesuatu kepada jemaat agar jemaat bisa nyaman dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!