Kalah di Senat, Menang di Yayasan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Kalah di Senat, Menang di Yayasan

PILIH. Proses pemilihan Rektor UKAW di ruang rapat Gedung Rektorat UKAW, Selasa (20/8) malam.

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Dr. Ayub Meko Rektor Terpilih UKAW

Besok Dilantik

KUPANG, TIMEX – Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si resmi terpilih sebagai Rektor Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Periode 2019-2023. Ia terpilih melalui proses pemilihan oleh pengurus Yayasan UKAW Kupang yang berlangsung di ruang rapat Gedung Rektorat UKAW, Selasa (20/8) malam.

Terpilihnya Dr. Ayub Meko di luar dugaan. Pasalnya saat pemilihan oleh anggota senat universitas Dr. Ayub Meko memperoleh skor 18 atau di urutan keempat.

Hasil pemilihan rektor UKAW oleh 22 anggota senat UKAW menempatkan Dr. Melkianus Ndaomanu di posisi pertama yang dikehendaki 20 orang senat untuk menjadi rektor dengan skor 62. Di posisi kedua Dr. Dra. Magdalena Ngongo dengan skor 20 lalu Dr. Godlief Neonufa diposisi ketiga dengan skor 18. Dr. Ayub U.I Meko di urutan keempat dengan skor 17. Dan urutan kelima Dr. Mesakh Dethan dengan skor 11.

Proses pemilihan yang dilaksanakan secara tertutup tersebut dihadiri oleh 9 orang pengurus Yayasan UKAW. Pemilihan dipimpin langsung oleh Drs. Umbu Saga Anakaka sebagai ketua yayasan.

Ke-9 pengurus itu memilih lima orang calon rektor yakni Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, Dr. Mesakh Dethan, Dr. Melkianus Ndaomanu, Dr. Godlief Neonufa dan Dra. Magdalena Ngongo.

Sebelum pemilihan, dilakukan pemaparan visi dan misi serta kajian beberapa persyaratan penting yang sudah menjadi ketentuan yayasan.

Ketua Yayasan UKAW Kupang, Umbu Saga Anakaka usai pemilihan kepada Timor Express mengatakan proses pemilihan telah berlangsung secara demokratis, bebas dan rahasia. “Lima orang ini merupakan yang terbaik, namun melalui proses seleksi dari pengurus yayasan dan lewat pemilihan, Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si mendapat suara terbanyak,” ujarnya.

Ia menyebutkan Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko memperoleh empat suara dari sembilan pengurus yayasan yang memiliki hak suara. Sedangkan suara terbanyak kedua diraih Dr. Mesakh Dethan dengan dua suara. Kemudian Dr. Melkianus Ndaomanu, Dr. Godlief Neonufa dan Dra. Magdalena Ngongo, masing-masing memperoleh satu suara.

Terkait rekomendasi nama-nama dari Senat UKAW, dijelaskan bahwa perolehan suara terbanyak yang diajukan oleh anggota senat hanya sebuah pertimbangan. Pihak yayasan melakukan pengkajian berdasarkan ketentuan, kewenangan serta menilai visi misi dan kriteria penilaian lainnya. “Dari hasil penilaian tersebut dilakukan pemilihan oleh pengurus yayasan, sehingga terpililah Dr. Ayub Meko,” ungkapnya.

Sebagai ketua yayasan ia berharap agar Rektor UKAW yang baru yang akan dilantik pada 22 Agustus besok terus meningkatkan mutu pendidikan di UKAW Kupang.

Sementara itu, Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si yang dikonfirmasi Timor Express mengatakan kepercayaan yang diberikan oleh yayasan merupakan tugas berat yang tak bisa dikerjakan sendiri. Dibutuhkan kerja sama semua civitas akademika serta pihak-pihak lain dalam peningkatan mutu dan kualitas UKAW ke depan. “Menjabat sebagai rektor bukanlah segalanya, namun kekuatannya ada pada elemen UKAW, sehingga tentu akan merangkul semuanya untuk bersama-sama mewujudkan wisi dan misi UKAW ke depannya,” ujarnya.

Ia menambahkan terkait mutu pendidikan, pihaknya akan melakukan pengembangan SDM, pengembangan sarana prasarana, penataan dan pengelolaan yang lebih baik lagi melalui seluruh civitas akademik.

“UKAW merupakan universitas besar yang bukan saja milik masyarakat NTT, namun milik seluruh masyarakat Indonesia, sehingga pengelolaannya membutuhkan keterlibatan kita semua,” kata Ayub.

Terpisah, Rektor UKAW Kupang, Frankie Jan Salean, SE.,MP saat dikonfirmasi mengatakan sesuai tahapan seleksi, senat mengajukan tiga nama berdasarkan hasil rapat senat. Namun keputusan pengurus yayasan di luar dugaan. Pasalnya, yang direkomendasikan oleh 22 orang senat adalah yang memperoleh suara terbanyak pertama sampai ketiga.

“Saya sendiri sebagai ketua senat, kaget karena yang ditetapkan adalah calon yang tidak direkomendasi oleh senat,” ungkapnya.
Terhadap putusan tersebut, ia mengaku akan menggelar rapat dengan anggota senat untuk membahas lebih lanjut. “Saya akan bahas dalam rapat senat. Karena senat hanya mengirim tiga nama lalu yang diputuskan bukan berasal dari keputusan senat. Hasilnya seperti apa akan disampaikan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, rektor terpilih akan dilantik pada 22 Agustus 2019 atau tepat masa berakhirnya kepemimpinan Rektor UKAW Kupang saat ini Frankie Jan Salean, SE.,MP. (mg29/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!