Masyarakat Diminta Tenang – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Masyarakat Diminta Tenang

RAPAT. FKUB Kota Kupang bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man rapat bersama menyikapi kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ustaz Abdul Somad, Selasa (20/8).

FENTI ANIN/TIMEX

Pemkot-FKUB Sikapi Kasus Penistaan Agama

KUPANG, TIMEX – Menyikapi kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) di media sosial, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang meminta masyarakat Kota Kupang tenang dalam menyikapi persoalan tersebut.

Pasalnya Kota Kupang dikenal sebagai Kota kasih dengan toleransi antar umat beragama yang sangat baik.

Permintaan ini disampaikan Ketua FKUB Kota Kupang Pdt. Rio Fanggidae, usai rapat FKUB bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di ruang kerja Wakil Wali Kota Kupang, Selasa (20/8).

Menurut Rio, dalam rapat tersebut, FKUB telah menyatakan sikapnya, dengan mengecam dengan keras segala bentuk ceramah, dakwah, atau khotbah yang mempersoalkan dan melakukan penistaan terhadap agama dan simbol-simbol keagamaan dari umat beragama di Indonesia.

FKUB juga menghimbau seluruh masyarakat agar tetap tenang dan menjaga harmonisasi dan keserasian hubungan kehidupan bersama, serta tidak terprovokasi oleh berbagai pemberitaan media massa yang berpotensi merusak kerukunan hidup umat beragama di Kota Kupang.

Selain itu, FKUB menyerahkan sepenuhnya penanganan persoalan ini kepada pihak berwajib untuk diproses sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“FKUB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar cerdas menggunakan media sosial sehingga tidak memperkeruh dan meruncing suasana yang dapat mengadu domba masyarakat,” kata Pdt. Rio

FKUB juga meminta kepada semua pimpinan umat beragama agar memamahami dengan benar dogma dan aqidah keagamaaannya dengan mengutamakan kasih, toleransi, dan kerukunan agar dapat menuntun umatnya untuk mewujudkan kehidupan bersama berdasarkan nilai-nilai pancasila, memperkokoh rasa kebangsaan dan cinta tanah air demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, mengimbau kepada masyarakat Kota Kupang untuk tenang menyikapi dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ustaz Abdul Somad.

Menurut Wawali, Kota Kupang selama ini dikenal sebagai Kota Kasih dengan toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi, sehingga sangat diharapkan warga Kota Kupang tidak gampang terprovokasi oleh pemberitaan di media massa maupun di media sosial, yang bisa memecah belah warga Kota Kupang.

Hermanus juga mengimbau kepada masyarakat Kota Kupang, agar bisa memaafkan dugaan penistaan agama, karena sebagai umat kristiani, kita mempunyai ajaran tentang kasih dan kita harus mengasihi sesama, meskipun kita disakiti.

“Yang paling penting adalah kita tidak terprovokasi, karena ajaran kita mengajarkan tentang kasih, maka marilah kita mengasihi semua sesama kita,” pesan Hermanus Man. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!