Pilkada TTU 2020 Habiskan Rp 25 Miliar – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Pilkada TTU 2020 Habiskan Rp 25 Miliar

ILUSTRASI; NET

KEFAMENANU, TIMEX – Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) bersama DPRD telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk membiayai proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang.

Anggaran yang telah disiapkan itu dibebankan melalui APBD Kabupaten TTU selama dua tahun anggaran yakni pada perubahan anggaran tahun 2019 dan anggaran murni tahun 2020.

Sekretaris KPU Kabupaten TTU, Andreas Corsoni Laka kepada Timor Express, Selasa (20/8) menjelaskan Pemerintah Kabupaten TTU bersama DPRD telah menetapkan anggaran Rp 25 miliar sesuai kebutuhan penyelenggara pilkada.

Sesuai perencanaan, untuk tahun anggaran 2019 KPU mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 400 juta untuk membiayai proses tahapan Pilkada TTU yang sudah dimulai tahapannya tahun ini. Sedangkan untuk tahun Anggaran 2020 KPU mengalokasikan Rp 4,6 miliar.

“Pemerintah dan DPRD telah sepakat dan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk membiayai proses Pilkada 2020 sesuai dengan usulan dari KPU TTU,” tutur Laka.

Laka menambahkan, pelaksanaan Pilkada 2020 ini memang jauh berbeda dengan pelaksanaan Pilkada 2015 silam. Pilkada tahun ini, alat peraga kampanye (APK) dari pasangan calon bupati dan wakil bupati dibebankan kepada KPU. Bahkan, logistik Pemilu seperti kotak suara dan bilik suara pun hanya sekali pakai, sehingga dilakukan pengadaan setiap pelaksanaan Pemilu.

Sesuai rujukan KPU RI, logistik Pilkada berupa kotak suara dan bilik yang digunakan harus transparan dan terbuat dari kardus. Hal tersebut merupakan pemicu bertambahnya anggaran Pilkada yang sebelumnya hanya Rp 20 miliar menjadi Rp 25 miliar.

Sementara, Komisioner KPU TTU Divisi Teknis, Dona Elvira Kapitan mengatakan sejauh ini KPU di tingkat kabupaten masih menggunakan draf dari KPU RI terkait tahapan pelaksanaan Pilkada 2020. Pasalnya, KPU RI belum menerbitkan PKPU terkait tahapan Pilkada 2020.

Sesuai draf dari KPU RI, gong Pilkada TTU akan ditabuh pada September 2019 ini. Tahapan Pilkada 2020 akan dimulai pada tahun ini dan akan berakhir pada tahun 2020. (mg26/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!