NTT Target Kirim 70 Ribu Sapi Per Tahun – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

NTT Target Kirim 70 Ribu Sapi Per Tahun

KUPANG, TIMEX – Setiap tahun Provinsi NTT ditarget mengirim 70 ribu ekor sapi. Hal ini dikatakan Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke Pelabuhan Tenau, Kupang, Rabu (21/8). “Sebanyak enam kapal ternak. Alhamdulillah lima kapal ternak dari NTT,” sebut Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan RI, Ir. R. Agus H. Purnomo, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, Wagub NTT, Josef Nae Soi, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan GM Pelindo III Kupang.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, menjelaskan evaluasi program tol laut dan kapal ternak di NTT dilakukan agar lebih optimal. “Kami berbahagia karena ketiga kapal tersebut berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dijelaskan, terdapat enam kapal ternak dan lima kapal dari NTT menuju Jakarta dan Kalimantan. Sampai saat ini volume muatan ternak sudah mencapai 46.000 ton dan ditargetkan untuk tahun ini mencapai 70.000 ton. “Jika dihitung dengan uang sebesar Rp 700 miliar. Suatu angka yang baik,” sebutnya.

Budi mengatakan ke depan ternak dapat dikirim dalam bentuk yang telah dibekukan atau frozen. Pasalnya, selama ini tol laut dari Jakarta dan Surabaya kembali ke NTT mengangkut kontainer kosong. Muatan hanya 20-30 persen. Oleh sebab itu, dilakukan uji coba pertama dengan beberapa kontainer dengan memberikan subsidi. “Jikalau berhasil akan menjadi komersial dan kita perlahan hilangkan subsidinya,” katanya.

Sementara mengenai kapal tol laut akan menjadi komersial dengan tujuan Kupang dan mengelilingi daerah-daerah di NTT. Dia berharap dengan okupansi yang maksimal, maka suatu waktu akan menjadi ekonomis.

Sekadar tahu bahwa kapal tol laut dari Surabaya setengahnya sudah komersial. Akhirnya tanpa subsidi kapal tetap berjalan. Terkait kapal perintis, Menhub mengatakan telah berjalan sangat efektif. Dia mengatakan ketika berdiskusi dengan nakhoda perjalanan dari Kupang sampai Saumlaki melalui 13 titik pelabuhan, lalu kembali lagi ke Kupang memakan waktu 10 hari.

Dan itu mengangkut banyak penumpang dan sudah rutin berjalan. Diakuinya, saat ini masih disubsidi, namun suatu saat ketika okupansinya semakin bagus, maka akan komersial. “Saya apresiasi kepada stakeholder terkait seperti PT. Pelni, Pelindo III, ASDP dan pemerintah daerah yang saling mengisi melayani masyarakat. Harapan kita upaya kemampuan masyarakat sesuai dengan pasar,” ujarnya.

Di Bandara El Tari Kupang

Setelah meninjau lahan produksi garam di Nunkurus Kabupaten Kupang, Jokowi yang didampingi Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Sekjen, Johnny Plate itu makan siang di The Kings Cafe dan sempat meninjau Pelabuhan Tenau Kupang.

Didampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan istri, presiden tidak hanya melihat proses bongkar muat petikemas. Orang nomor satu di Indonesia itu meninjau kapal milik pemerintah yang khusus memuat ternak sapi dari NTT.

Dari Tenau, Jokowi dan rombongan langsung menuju Bandara El Tari melalui terminal milik Pemprov NTT di sisi kanan Bandara El Tari. Mobil Alphard hitam yang ditumpangi presiden dan ibu negara masuk langsung ke landasan bandara.

Jokowi dan istri dilepas oleh gubernur bersama istri dan forkopimda. Hadir pula Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi dan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno.

Setelah pintu pesawat kepresidenan ditutup, Viktor Laiskodat didampingi istri dan Ketua DPW Nasdem NTT, Ray Fernandez mengantar Surya Paloh menuju pesawat probadinya yang terparkir sekira 100 meter dari lokasi pelepasan presiden. Tampak juga Sekjen Nasdem, Johnny Plate.

Viktor Laiskodat dan istri baru turun dari pesawat Surya Paloh sekira 10 menit kemudian dan langsung menuju ruang tunggu terminal. Gubernur dan Wagub tampak menunggu kedatangan Jaksa Agung, H.M.Prasetyo yang mendarat sekira pukul 18.20.
(mg22/cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!