Dr. Ayub Meko Resmi Rektor UKAW – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Dr. Ayub Meko Resmi Rektor UKAW

RESMI. Mantan Rektor UKAW Fangkie Jan Salean, SE.,MP (kiri) menyerahkan dukumen kepada Rektor UKAW Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si disaksikan Ketua Yayasan UKAW, Umbu Saga Anakaka pada acara pelantikan Rektor di Lantai I Gedung Perpustakaan UKAW, Kamis (22/8).

YUSTEN SEDA FOR TIMEX

Rangkul Semua Potensi UKAW

KUPANG, TIMEX – Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si resmi menjadi Rektor Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang periode 2019-2023 menggantikan Fangkie Jan Salean, SE,.MP yang sudah menjabat dua periode. Semua potensi akan dirangkul untuk kemajuan UKAW.

Pengangkatan Rektor UKAW tersebut sesuai dengan hasil pemilihan pengurus yayasan UKAW dan secara resmi dilantik oleh Ketua Yayasan UKAW, Drs. Umbu Saga Anakaka di Lantai I Gedung Perpustakaan UKAW, Kamis (22/8).

Acara pelantikan diawali dengan ibadah bersama yang dipimpin Pdt. Welmintje Kameli-Maleng, M.Th sebagai liturgos. Kotbah dipimpin Pdt. Yandi Manobe, S.Th yang dihadiri Ketua Sinode GMIT, Pdt. Dr. Mery Kolimon dan seluruh tenaga pendidik dan pegawai di UKAW.

Rektor UKAW Kupang, Dr. Ayub Meko diangkat melalui Surat Keputusan (SK) Yayasan UKAW dengan Nomor 81/SK/PG.YUKAW/VIII/2019. Sebelum diangkat sumpah, ketua yayasan terlebih dahulu memberhentian Rektor UKAW Kupang Masa Bhakti 2015-2019, Fangkie Jan Salean, SE,.MP lalu mengangkat Rektor UKAW Kupang Periode 2019-2023.

Frangkie Jan Salean, SE.,MP dalam sambutannya menyampaiakan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kepercayaannya dalam memimpin Universitas UKAW selama 8 Tahun.

Dikatakan, selama memimpin tidak mudah karena banyak espekstasi dan harapan yang belum tercapai. Namun, ia yakin Rektor yang baru akan mewujudkan semuanya itu.

Frangkie juga menyampaikan terima kasih kepada Gereja Kristen Sumba (GKS) dan GMIT, Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan UKAW bahwa tantangan terbesar yang selama ini terjadi adalah tata kelola universitas yang mestinya lebih baik.

Ditambahkan roh sebuah institusi perguruan tinggi ada pada senat sebagai lembaga normatif tertinggi di universitas. Karena tanpa senat, tidak bisa mengembangkan akademik.

“Saya kuatir, jika tanpa senat kita bisa menjadi organisasi bisnis. Semestinya dalam posisi seperti ini kita harus menjaga marwah senat dan roh akademik dan kewibawaannya sebagai institusi tertinggi,” ujarnya.

Rektor UKAW Kupang dua periode ini berharap roh akademik tetap dijaga ke depannya. Dan kepada rektor yang baru agar dapat merangkul semua civitas akademika demi meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan visi misi Universitas UKAW ke depannya.

Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si pada kesempatan mengisahkan bahwa dengan usia UKAW yang ke-34 tahun, dirinya sudah berkarya selama 33 Tahun dan telah mendapat kepercayaan untuk memimpin sebagai rektor. Karena 6 tahun menjadi mahasiswa dan 27 Tahun menjadi dosen.

Ayub mengaku menjadi rektor bukan berarti ingin bersaing dengan dosen lainnya karena dosen yang lain merupakan dosennya sewaktu masih berstatus mahasiswa UKAW.

“Saya menyadari bahwa kepercayaan ini merupakan pernyataan Tuhan. Menjadi rektor bukan hal yang mudah namun dengan banyak belajar, rendah hati, bangun komunikasi untuk bekerja sama adalah modal utama dalam membangun UKAW ke depan,” ungkapnya.

Ditambahkan tidak ada sesuatu yang berharga yang ia lakukan untuk pengembangan universitas. Namun, dirinya berusaha menjadi dosen yang baik dengan melakukan penelitian sehingga sudah 5 yang telah dipublikasi. Diantaranya 4 bublikasi internasional dan 1 nasional serta 1 hak paten.

“Saya belum bisa berbuat apa-apa namun yang ada hanyalah mimpi sehingga diharapkan agar dengan kerja sama yang ada bisa dilanjutkan untuk pengembangan UKAW,” katanya. Sehingga dirinya akan merangkul semua civitas UKAW Kupang untuk memajukan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta kenamaan NTT itu. (mg29/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!