45 STNK Mobil dan 18 Sertifikat Tanah Diamankan – Timor Express

Timor Express

HUKUM

45 STNK Mobil dan 18 Sertifikat Tanah Diamankan

AKHIRNYA DITANGKAP. Rafi Fiky (tengah) saat tiba di bandara El Tari Kupang, Jumat (23/8) malam.

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Dua Tahun Pelarian Rafi Berakhir

KUPANG, TIMEX-Sepandai-pandainya tupai melompat, suatu waktu akan jatuh juga. Pepatah ini cocok untuk Rafi Fiky. Pengusaha jual beli mobil dan properti ini akhirnya ditangkap setelah kurang lebih dua tahun buron membawa puluhan miliar uang nasabah. Dari tangan Rafi diamankan 45 STNK mobil, 18 copyan sertifikat tanah dan satu bundel penyerahan aset.

Temuan itu diungkap Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK saat jumpa pers di Mapolres Kupang Kota, Jumat (23/8) malam tadi. Jumpa pers digelar setelah Polres Kupang Kota melalui Satuan Reserse dan Kriminal berhasil mengamankan pelaku penipuan penjualan mobil dan perumahan, Rafi Fiky yang selama ini kabur dan menjadi DPO.

Rafi ditangkap di Jalan Poros Taman Subian Indah, Kecamatan Bireng Kanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (21/8) sekitar pukul 22.00 wita.

Tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Kupang Kota dan Polda NTT tersebut diamankan aparat Buser Sat Reskrim Polres Kupang Kota dipimpin Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Kupang Kota, Ipda Yance Kadiaman, SH.

Tersangka diketahui atas nama Rafi Fiky, SE alias Rahmat alias Rafi (35) diamankan bersama istrinya Sri (33) yang masih berstatus sebagai saksi.

Setelah diamankan, tersangka dan istrinya diberangkatkan ke Kupang untuk dilakukan proses pemeriksaan. Terpantau rombongan tiba di Bandara Internasional El Tari Kupang, menggunakan pesawat Garuda Airlines dengan nomor penerbangan GA-678, sekitar pukul 18:00 wita, Jumat (22/8).

Setibanya tersangka yang menghilang sejak 2017 lalu itu langsung digiring ke Mapolres Kupang Kota. Dilanjutkan sesi konferensi pers dan langsung ditahan di ruang tahanan Polres Kupang Kota.

Polisi menerima puluhan laporan. Di Polda NTT terdapat sekitar 19 laporan polisi dan di Polres Kupang Kota sebanyak 11 laporan polisi.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK saat mengelar konferensi pers menjelaskan, tersangka Rafi tidak sendirian. Pihaknya juga turut mengamankan istri Rafi karena diduga terlibat dalam sejumlah perkara yang melibatkan tersangka Rafi, namun statusnya masih sebagai saksi.

Kapolres yang didampingi Waka Polres Kompol Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi, SH.,SIK.,MM, Kasat Reskrim Iptu Bobby Jacob Mooynafi, SH MHum, Kaur Bin Ops Ipda I Wayan Pasek Sujana, SH dan Kanit Pidum Ipda Yance Kadiaman, SH di Mapolres Kupang Kota mengakui kalau Rafi sudah lama menjadi buronan polisi.

“Tersangka kasus penipuan dan penggelapan dan sudah DPO sejak dua tahun lalu,” ujar Satria.

AKBP Satria mengungkapkan bahwa proses penangkapan tersebut atas berkat kerja sama Polres Kupang Kota dengan tim khusus Dit Reskrim Polda Sulawesi Selatan.

Selain mengamankan tersangka dan saksi yang juga sebagai suami istri, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa 45 lembar STNK Mobil berbagai merk, 18 foto copy sertifikat tanah, 1 bundel penyerahan aset, sejumlah ATM dan buku tabungan bank Mandiri dan BCA.

Dijelaskan bahwa untuk sementara belum bisa disampaikan secara detail masalah tersebut karena akan dilakukan pendalaman melalui pemeriksaan. “Karena kita sudah amankan maka kita proses sidik,” ungkapnya.

Ditambahkan untuk Polres Kupang Kota sendiri, sejak tahun 2017 sudah menerima laporan sebanyak 11 laporan polisi. Pasca laporan kasus ini, tersangka Rafi kabur dan dijadikan DPO.

“Terkait dengan penipuan masalah mobil dan perumahan yang sudah terjadi beberapa tahun. Ada belasan LP yang kita terima,” katanya

Pihak Polres Kupang Kota masih membuka peluang dan ruang kepada masyarakat baik di dalam dan di luar Kota Kupang yang merasa ditipu oleh tersangka agar membuat laporan polisi sehingga bisa diproses.

Tersangka Rafi dijerat dengan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. (mg29/ito)

BARANG YANG DIAMANKAN DARI RAFI
1. 45 STNK Mobil.
2. 18 copyan sertifikat tanah.
3. 1 bundel penyerahan aset.
4. 3 unit HP
5. 6 kartu ATM.
6. 2 buku tabungan.



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!