Golkar Resmi Tetapkan Inche – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Golkar Resmi Tetapkan Inche

Sebagai Wakil Ketua DPRD NTT

KUPANG, TIMEX – DPP Partai Golkar secara resmi telah menunjuk Inche Sayuna sebagai Wakil Ketua DPRD NTT Periode 2019-2024.
Keputusan ini diambil, Selasa (27/8) malam tadi di Jakarta. Hal ini disampaikan Ketua DPD I Partai Gokar NTT, Melkiades Laka Lena kepada Timor Express dari Jakarta, malam tadi.

“Keputusan sudah bulat, Ibu Inche sebagai Wakil Ketua DPRD NTT. Rapat untuk memutuskan baru saja selesai,” kata Melki yang ikut dalam rapat tersebut.

Dijelaskan, rapat dipimpin Koordinator Bidang Kepartaian DPP Partai Golkar, Ibnu Munzir dan jajaran. Hadir pula Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Timur, Herman Hayong.
“Tadi pesan dari Bang Ibnu bahwa ini momen persamaan buat perempuan di NTT,” lanjutnya.

Sebelumnya Partai Golkar NTT mengusulkan tiga nama ke DPP sebagai calon Wakil Ketua DPRD NTT. Inche Sayuna terpilih dari daerah pemilihan VIII yang meliputi wilayah Kabupaten TTS. Kedua, Hugo Rehi Kalembu dari daerah pemilhan III yang meliputi empat kabupaten di Sumba. Sementara yang ketiga adalah Thomas Tiba dari dapil V yang meliputi Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka.

Terpisah, Inche Sayuna yang dikonfirmasi membenarkan adanya keputusan tersebut. Namun ia baru mendapatkan informasi secara lisan. “SK-nya saya belum terima. Saya baru ditelepon oleh Wasekjen dan Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Timur, Herman Hayong,” kata Inche.

Menurutnya, jika tidak ada perubahan lagi, maka dirinya akan dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT nanti.
Ia mengatakan keputusan DPP Partai Golkar merupakan bentuk kepercayaan yang luar biasa bagi dirinya setelah 17 tahun berkarir di Partai Golkar. Ini artinya Partai Golkar konsisten dengan komitmennya terus mendorong kadernya ada dalam lingkaran kekuasaan politik. “Ini menjadi kesempatan untuk bekerja maksimal untuk kesejahteraan masyarakat NTT ke depan,” kata Inche.

Sekretaris DPD I Partai Golkar NTT ini berharap periode ini relasi eksekutif dan legislatif semakin baik dengan adanya pimpinan yang baru. Sistem check and balance pun semakin baik.

Terakhir, ia menyatakan ini sebuah keputusan yang membuat perempuan NTT bangga. Ini sebagai bukti bahwa pola pikir masyarakat NTT mulai bergeser dari patriarkis dan memberi ruang bagi perempuan.

Bahkan, menurut Inche, periode ini dari 65 anggota DPRD NTT terpilih, 12 orang di antaranya perempuan. Ada peningkatan jumlah keterwakilan perempuan juga di DPRD kabupaten/kota. Termasuk untuk tingkat pusat baik DPD maupun DPR RI. “Semoga tidak saja signifikan dari segi kuantitas, tapi juga bisa menunjukkan kualitasnya demi masyarakat NTT,” tutup Inche.

Untuk diketahui, kursi ketua DPRD NTT periode ini direbut PDIP. Namun hingga saat ini DPP PDIP belum menentukan siapa yang menduduki kursi itu. Terdapat tiga nama yang diusulkan, yakni Emelia Nomleni, Yunus Takandewa dan Patrisius Laliwolo.

Selanjutnya, jatah kursi wakil ketua untuk tiga parpol, masing-masing Partai Golkar, Nasdem dan PKB. Nasdem juga mengusulkan tiga nama Alex Ofong, Chris Mboeik dan Kasimirus Kolo. Sedangkan PKB mengusulkan Yohanes Rumat, Aloysius Malo Ladi dan Pdt. Yunus Naisunis. Untuk kursi wakil ketua, baru Partai Golkar yang mengeluarkan keputusannya.

65 anggota DPRD NTT ini tinggal sepekan lagi akan dilantik. Tepatnya Selasa (3/9). Yang berhak menjadi ketua sementara adalah partai pemenang Pemilu di NTT yakni PDI Perjuangan. DPD PDI Perjuangan NTT telah memutuskan Yunus Takandewa sebagai ketua sementara DPRD NTT. Wakil ketua DPRD NTT saat ini akan memimpin lembaga dewan sampai dengan terpilihnya pimpinan dewan defenitif. (cel/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!