Pansus Tatib DPRD Terbentuk – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pansus Tatib DPRD Terbentuk

KUPANG, TIMEX – Panitia Khusus Tata Tertib (Pansus Tatib) DPRD Kota Kupang telah terbentuk. Pansus ini akan bekerja selama enam hari, terhitung Senin (2/9) sampai Sabtu (7/9).

Pansus dipimpin oleh Djainudi Lonek, dengan Wakil Ketua Pansus Tellendmark Daud, dan Sekretaris Juvensius Tukung.

Anggota nya masing-masing, Zatario Pandie, Dominggus Kale Hia,  Jabir Marola, Tobia Pandie, Roy Ricardus, Ewalde Taek, Maudy Dengah, Barche Bastian, Dominika Bethan, Yeki Feoh, Roni Lotu,  Alfres Djami Mila, Jusuf Abjena dan Adolof Hun.

Ketua Sementara DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, mengatakan, Pansus telah terbentuk dan diharapkan dapat bekerja dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

“Ketua Pansus berasal dari Fraksi Gabungan, wakil ketua dari Golkar dan sekretaris dari NasDem. Kita berharap semuanya berjalan baik agar segera ditentukan tatib dan lainnya,” ujarnya.

Yeskiel Loudoe mengatakan, tugas Pansus adalah membahas tata tertib DPRD dan kode etik DPRD.

Sementara itu, Sekertaris DPRD Kota Kupang Adrianus Lusi, mengatakan, sebanyak 40 anggota DPRD Kota Kupang yang baru dilantik pada 26 Agustus 2019, akan mengikuti masa orientasi pada 16 September mendatang.

Sesuai rencana, masa orientasi akan berlangsung selama lima hari dan orientasi akan berlangsung di Kota Kupang.

Menurutnya, orientasi ini penting bagi peningkatan kualitas dan pengetahuan anggota DPRD dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Selain itu, orientasi ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran serta peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi pimpinan, anggota, Sekwan dan staf Sekretariat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota mengenal pembaharuan tugas anggota legislatif yang berlaku saat ini, membekali peserta agar memiliki kompetensi dan kemampuan profesi sebagai anggota legislatif yang merupakan wakil rakyat, meningkatkan wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia guna mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas DPRD dan mempersiapkan peserta dalam memposisikan dirinya di kehidupan berpolitik.

Menurutnya, orientasi anggota DPRD Kota Kupang akan ditangani oleh pemerinah provinsi lewat Badan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia.

Setelah masa orientasi baru dilanjutkan dengan bimbingan teknis. Bimtek yang akan dijalani anggota DPRD adalah bimtek pendalaman tugas, untuk menambah pengetahuan DPRD menyangkut tugas pokok dan fungsinya. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!