Pejabat Kepala Desa dan BPD Harus Bawa Perubahan – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Pejabat Kepala Desa dan BPD Harus Bawa Perubahan

ILUSTRASI: NOVAN/TIMEX

ENDE, TIMEX – Plt Bupati Ende, Djafar Achmad meminta kepada para penjabat kepala desa dan BPD untuk bekerja membawa perubahan masyarakat di desanya masing-masing, dengan menjalankan program yang sudah dibuat bersama. Hal ini disampaikan Djafar Achmad saat melantik 37 penjabat kepala desa dan meresmikan 265 anggota BPD.

Pelantikan penjabat kepala desa serta peresmian BPD dilaksanakan, Jumat (23/8) di aula Batara SMAN 1 Ende. Hadir pada kesempatan itu, Dandim 1602/Ende, Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin, Asisten Pemerintahan, Kornelis Wara dan pimpinan OPD. Dari 39 penjabat kepala desa yang seharusnya dilantik, dua penjabat kepala desa tidak hadir masing-masing penjabat kepala Desa Ranokolo Selatan Kecamatan Detukeli dan Ndetundora 2 Kecamatan Ende.

Dalam sambutannya, Djafar Achmad mengingatkan agar para penjabat kepala desa dan BPD bekerja membawa perubahan untuk kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing. “Pelantikan dan peresmian tentunya mengandung makna tanggung jawab yang harus saudara pikul untuk bersama-sama semua komponen masyarakat yang ada di desa saudara masing-masing agar dapat membawa perubahan bagi masyarakat,” imbau Djafar.

Ia mengatakan, pelantikan penjabat kepala desa bukan sebatas dipahami sebagai kegiatan seremonial semata, melainkan yang penting harus dipahami sebagai bagian tanggung jawab pemerintah daerah agar jangan sampai terjadi kekosongan di desa akibat berakhirnya masa tugas kades definitif.

“Karena bagaimanapun roda pemerintahan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus tetap berjalan,” tutur Djafar.

Ia mengatakan, kegiatan telah mempertegas keberadaan dan tanggung jawab penjabat kepala desa dalam memberikan pelayanan pemerintah, melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan sumpah yang diucapkan dengan segala atribut yang melekat sampai dengan selesai terpilihnya kepala desa yang baru.

“Pelantikan dan peresmian hari ini mempertegas keberadaan dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan pembangunan sesuai atribut yang dikenakan,” ujarnya sambil menambahkan agar para penjabat kepala desa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan.

Djafar berharap agar selalu fokus dalam bekerja serta melaksanakan dan melanjutkan program yang sudah ada yang ditetapkan sebelumnya. Selain itu, lakukan koordinasi, kolaborasi peran dengan komponen masyarakat lainnya.

“Fokuskan perhatian saudara-saudara penjabat kepala desa saat ini yakni melaksanakan dan melanjutkan program yang sudah ada yang telah ditetapkan sebelumnya, terus melakukan koordinasi dan kolaborasi peran dengan komponen masyarakat yang ada di desa saudara sampai pada pemilihan kepala desa definitif nantinya,” pesan Djafar.

Ia juga berpesan  untuk selalu berpijak pada regulasi dalam menjalankan tugas dan mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas. Dengan begitu, dipastikan pelayanan yang berjalan sesuai koridor bisa mencapai keberhasilan. Khususnya berkaitan dengan penganggaran.

“Harus dipahami regulasi-regulasi khususnya regulasi berkaitan anggaran harus menjadi pijakan saudara dalam menjalankan tugas sebagai penjabat kepala desa ketika regulasi dipahami sungguh-sungguh kemudian diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas, maka semua tugas dan pelayanan akan berjalan sesuai koridor yang telah ada,” sebutnya.

Kepada para penjabat kepala desa dirinya berpesan untuk buatkan perencanaan pembangunan berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat bukan berdasar keinginan. Rencana yang dibuat, harus  disesuaikan dengan karakteristik desa serta kapasitas anggarannya apabila dilaksanakan secara sungguh-sungguh, maka dipastikan pembangunan akan membawa manfaat bagi  masyarakat.

Kepada  anggota BPD, Djafar Achmad mengingatkan agar anggota BPD benar-benar menjalankan fungsi sebagai pengawas. Selain itu, ia berharap agar ada kerja sama dengan kepala desa, memberikan masukan konstruktif agar pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa bisa berhasil baik.

“Saya juga telah meresmikan anggota BPD sebagai mitra kepala desa yang menjalankan fungsi pengawasan. Kepada anggota BPD saya minta untuk bisa mengembangkan kerja sama dengan kepala desa terutama  melakukan pengawasan terhadap kinerja pejabat kepala desa,” pungkasnya sambil berharap dapat memberikan masukan-masukan konstruktif agar pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa dapat berjalan sesuai yang diharapkan. (kr7/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!