PKK Matim Gencar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

PKK Matim Gencar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

SOSIALISASI. Peserta dari kalangan pelajar dalam kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi, Jumat (30/8) lalu.

FANSI RUNGGAT/TIMEX

BORONG, TIMEX – Guna tercipta remaja sehat dan cegah pernikahan dini, TP PKK Kabupaten Manggarai Timur (Matim), gencar melakukan sosialisasi kesehatan reproduksi. Sasaranya, para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK.

Ketua TP PKK Matim, Theresia Wisang kepada Timor Express, Jumat (30/8) mengatakan, saat ini TP PKK Matim turun ke sejumlah SMP, SMA dan SMK, melakukan sosialisasi sistem reproduksi remaja. Dalam kegiatan ini, TP PKK menggandeng Dinas Kesehatan Matim.

“Saat ini kami dari PKK turun ke SMP, SMA dan SMK melakukan sosialisasi kesehatan sistem reproduksi remaja. Kita bagi dalam tiga kelompok, yakni kelompok untuk Kecamatan Borong, Kota Komba dan Rana Mese. Kecamatan lain menyusul. Kami gandeng dengan Dinas Kesehatan,” katanya.

Maksud sosialisasi untuk menambah pengetahuan tentang pola asuh remaja dan pergaulan yang sehat. Juga kesehatan reproduksi remaja. Selain itu, agar bisa dijadikan dasar dan cara dalam pergaulan. Serta bisa menjaga kesehatan reproduksi remaja.

Dikatakan, intinya sosialiasi dilaksanakan untuk mencapai derajat hidup yang lebih baik, dengan cara mempengaruhi perilaku remaja. Baik itu secara individu atau kelompok. Dengan harapan, para remaja bisa menjadi calon ibu yang sehat. Juga bisa mencegah stunting.

“Harapan dari sosialisasi ini agar nantinya anak-anak usia remaja mampu memahami sistem reproduksi. Sehingga mereka dapat menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik. Juga mampu menjaga pergaulan mereka kearah yang positif dan memfilter segala informasi di era globalisasi ini,” bilangnya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi yakni pola asuh yang sesuai dengan remaja (Parenting Teenageers) dari PKK. Juga materi dari PKK, cara menghindari pergaulan bebas pada remaja. Sementara materi dari Dinas Kesehatan, reproduksi remaja.

Theresia berpesan, masalah kesehatan reproduksi dini jangan diabaikan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Matim, Surip Tintin kepada Timor Express mengatakan, program sosialisasi kesehatan reproduksi remaja ada di tingkat puskesmas. Di mana, untuk saat ini, pihak puskesmas bersama TP PKK sedang menjalankan kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi.

“Sosialisasi kesehatan reproduksi remaja merupakan program yang dilaksanakan di puskesmas yang ada. PKK juga punya program yang sama. Sehingga saat ini turun sama-sama untuk turun sosialiasi. Tujuannya para remaja bisa meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku positif tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi,” ujarnya.

Menurut Surip, program kesehatan reproduksi dipandang sangat perlu, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan mencegah pernikahan dini, untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas generasi mendatang. (krf3/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!