Siprianus Kolo Terancam 20 Tahun Penjara – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Siprianus Kolo Terancam 20 Tahun Penjara

ILUSTRASI: NOVAN/TIMEX

PENYIDIK Satreskrim Polres TTU Unit PPA menyerahkan berkas perkara kasus dugaan persetubuhan anak di bawah umur yang diduga dilakukan Kepala Desa Sunkaen Kecamatan Bikomi Nilulat, Siprianus Kolo kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri TTU, Kamis (29/8).

Barang bukti yang dilimpahkan berupa berkas perkara yang memuat adanya hasil visum dari dokter dan tersangka. Sedangkan untuk barang bukti fisik lainnya tidak dikantongi pihak kepolisian, sehingga tidak dilimpahkan.

Kanit PPA, Bripol Arsi Kartiningsih kepada Timor Express, Kamis (29/8) menuturkan, pihaknya telah rampung melengkapi petunjuk JPU kasus dugaan persetubuhan anak di bawah umur dengan pelaku Siprianus Kolo yang sementara menjabat sebagai Kepala Desa Sunkaen.

Sesuai permintaan JPU, penyidik Satreskrim Polres TTU unit PPA segera melimpahkan berkas perkara dan barang bukti lainnya guna proses hukum selanjutkan. Barang bukti yang dilimpahkan berupa BAP dari korban, saksi dan tersangka dalam kasus tersebut.

“JPU minta untuk kita limpahkan, maka kita penuhi permintaan itu sehingga kita lakukan pelimpahan berkas perkara dan tersangka untuk diproses secara hukum lebih lanjut,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan dilakukan pelimpahan tahap akhir tersebut, maka dengan sendiri kasus tersebut kewenangannya sudah ikut beralih dari pihak kepolisian kepada kejaksaan.

Namun, apabila dalam proses persidangan nantinya di Pengadilan Negeri Kelas II Kefamenanu ada bukti tambahan yang harus dipenuhi oleh pihak kepolisian, maka pihaknya akan memenuhi permintaan itu sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Pelimpahan tahap akhir ini kan dengan sendirinya kewenangan pun ikut beralih. Namun apabila dalam proses persidangan ada bukti yang dipenuhi oleh pihak kepolisian, maka akan kita penuhi,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Pidum Kejari TTU, Memed Rahmat Sugana ketika dikonformasi Timor Express, Kamis (29/8) membenarkan adanya pelimpahan berkas perkara kasus dugaan persetubuhan anak di bawah umur yang diduga dilakukan oleh Kepala Desa Sunkaen Kecamatan Bikomi Nilulat, Siprianus Kolo kepada JPU.

Dikatakan, pihaknya akan segera mendaftarkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Kelas II Kefamenanu untuk dilakukan proses hukum selanjutanya hingga mendapat putusan hukum yang berkekuatan tetap.

“Kita masih periksa berkasnya. Kita akan segera daftarkan perkara ini di Pengadilan Negeri Kelas II Kefamenanu untuk segera disidangkan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, tersangka Siprianus Kolo dijerat dengan Pasal 81 ayat (1) dan ayat (3) jo Pasal 76D Undang-undang RI Nomor 17/2016 tentang penetapan peraturan pemerintah daerah pengganti UU Nomor 1/2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-undang, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 20 tahun lamanya. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!