29 Peserta Dinyatakan Lulus – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

29 Peserta Dinyatakan Lulus

TERBAIK. Dr. Eddy Purnomo menyerahkan sertifikat kepada salah satu peserta terbaik, Andjelina Anadiha dari Sumba Timur, disaksikan Dr Budi Dharma Sidi, Sekretaris Dispora, Welem Enga, Kabid peningkata Prestasi, Alo Min di Hotel Pelangi, Sabtu lalu.

RUDY MANDALLING/TIMEX

Dengan Catatan Harus Kerja Keras
Penutupan Pelatihan Pelatih Cabor Atletik dan Tinju

KUPANG,TIMEX – 29 orang pelatih dari 30 peserta pelatihan pelatih cabang olahraga atletik, dinyatakan lulus. Namun seluruh pelatih yang dinyatakan lulus tersebut dituntut harus bekerja lebih keras lagi.

Hal ini diungkapkan Instruktur Internasional IAAF, Dr. Budi Dharma Sidi dan Dr. Eddy Purnomo, saat mengumunkan kelulusan peserta pelatihan pelatih cabor atletik, sebelum penutupan pelatihan pelatih Cabor Atletik dan tinju di Hotel Pelangi, Sabtu (7/9) lalu.

Dr. Edy Purnomo dihadapan peserta pelatihan menjelaskan, dalam penilain kelulusan peserta, ada tiga komponen yang menjadi penilaian yakni teori, praktek dan presentasi.

“Bagi yang dinyatakan tidak lulus harus bersabar dan berlatih lagi. Dan bagi yang lulus juga harus berlatih lagi, terutama bahasa Inggris, karena dalam waktu dekat akan dipanggil ikut pelatihan pelatih level 1,” terangnya.

Dr. Eddy juga mengingatkan, untuk level 1 seorang pelatih harus bisa menguasai semua nomor, mulai sprint, staplechase, tolak peluru lempar lembing.

“Semua nomor yang ada di atletik harus bisa untuk level 1. Kalau sudah level 2 itu sudah spesialisasi,” terangnya.
Diingatkannya, juga, seorang pelatih perlu terus belajar, terutama bagaimana membuat program latihan dan periodisasi
“Kalau berhasil rasanya nikmat sekali. Jangan takut mencoba,” ingatnya.

Sementara itu, Dr. yang mengumunkan hasil kelulusan peserta pelatihan khusunya cabor atletik, mengatakan dari 30 peserta pelatihan pelatih atletik, hanya 1 orang yang dinyatakan tidak lulus, karena tidak mengikuti ujian.

Dikatakannya juga, seluruh peserta yang dinyatakan lulus, tidak sama nilainya, dan masih harus terus belajar tanpa henti.
“Apalagi nilai ujian menunjukkan seluruh peserta harus lebih banyak kerja kertas lagi,” terang Dr. Budi, yang kemudian membacakan satu persatu nama peserta yang di nyatakan lulus, dengan catatan harus bekerja keras lagi.

Dua peserta yakni Andjelina Anadiha dari Sumba Timur dan Yoseph Fesal Kelen dari Kabupaten Sikka dinyatakan sebagai lulusan terbaik dari pelatihan ini.

Sementara itu, Kabis Peningkatan Prestasi Dispora NTT, Alo Min yang menutup pelatihan pelatih cabor atlet dan Tinju mewakili kadispora NTT, dalam sambutannya mengatakan ini sebuah kebanggan karena baik atletik maupun tinju di beri ruang ikut pelatihan pelatih. Dan khusus atleti narasumbernya berasal dari pusat.

Menurut Alo Min, seorang pelatih harus profesional di bidang pelatih. “Sama seperti seorang ASN, yang juga harus profesional pada apa yang menjadi pekerjaan utama,” ingtanya.

Masih menurutnya, meskipun dari pengumuman kelulusan dengan banyak catatan, iotu menunjukkan para pelatih jangan berhenti belajar. “Apa yang jadi pelajari hari ini, belum tentu besok juga sama karena pasti akan muncul org hebat lainnya,” katanya.
“Kreatifitas seorang pelatih. Tidak boleh kaku dan memiliki semangat juang, karena untuk mememangkan pertandingan tidak sekedar teori tapi butuh strategi dan taktik. Dan kemampuan memberi suport kepada atlet,” ungkapnya.

Dikatakannya juga, keberhasilan seorang pelatih diukur dari pretasi atlet yang dilatihnya. “Bukan karena sertifikat pelatih yag diraih.
Saya Harap kalian tidak berhenti melatih diri sebagai seorang pelatih. Dan mari kita kembangkan apa yang telah di berikan Dr. Budi dan Dr. Eddy yang tentu di sesuaikan dengan kondisi kita,” harapnya.

Penutupan pelatihan ini, dihadiri pula oleh sekretaris Dispora NTT, Welem Enga, Sekretaris Pengprov PASI NTT, Eduard Setty, Dr. Jhoni Lumba dan undangan lainnya. (rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!