SBD Dapat Kuota 100 CPNS dan 150 P3K – Timor Express

Timor Express

SUROSA

SBD Dapat Kuota 100 CPNS dan 150 P3K

TAMBOLAKA, TIMEX – Menjawab kebutuhan tenaga teknis maupun fungsional di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), BKN memberikan kuota perekrutan CPNS sebanyak 100 orang dan P3K sebanyak 150 orang untuk Kabupaten SBD.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten SBD, Yeremias Wunda Lero ketika ditemui di ruang kerjanya, beberapa hari lalu.

Yeremias mengatakan, kuota yang diberikan BKN sangat kecil bila dibandingkan dengan kebutuhan tenaga di Kabupaten SBD. Berdasarkan analisis beban kerja dan analisis jabatan yang dilaksanakan seluruh OPD, kebutuhan tenaga di Sumba Barat Daya masih mencapai ribuan orang. Namun kuota yang diberikan BKN sangat sedikit, bahkan tidak mencapai 0,01 persen.

“BKN beri kuota sangat sedikit. Kalau dikalkulasi kita masih butuh 8.958 PNS untuk lima tahun mendatang. Ribuan tenaga itu terutama dibutuhkan dalam jabatan fungsional khusus seperti guru, perawat, bidan dan lain-lain. Kalau dikasih kuota hanya segitu kapan baru kebutuhan tenaga ini terpenuhi,” katanya.

Dirinya mengaku telah mengajukan pertimbangan kepada BKN untuk menambah kuota CPNS maupun P3K untuk Sumba Barat Daya.

“Kami sudah mengajukan surat untuk meminta tambahan kuota 30 orang, sehingga total permintaan kita tahun ini khusus untuk CPNS sebanyak 130 orang. Semoga ini bisa terpenuhi. Nanti tahun depan baru kita ajukan lagi berdasarkan anjab dan ABK,” katanya.

Untuk waktu pelaksanaan seleksi CPNS ungkap Yeremias, BKN sudah memastikan bahwa pelaksanaan pendaftaran dan seleksi akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang, namun terkait tanggal pastinya ia belum bisa memberikan kepastian.

“Belum ada petunjuk langsung dari sana. Cuma disampaikan bulan Oktober saja. Sedangkan tanggalnya belum bisa dipastikan kapan. Bisa saja selesai pelantikan DPR RI atau tidak selesai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden,” katanya.

Selain seleksi CPNS lanjut Yeremias, tahun 2019 juga akan dibuka lagi seleksi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan quota 150 orang.

Dirinya berharap agar para pencari kerja menyiapkan diri sebaik-baiknya agar dapat lolos dalam seleksi tersebut.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, anak-anak kita hampir saja tidak ada yang lolos kalau tidak diturunkan passing grade-nya. Jadi saya minta kalau benar mau ikut tes, ya belajar dan siap diri baik-baik. Jangan sampai kuota kita sudah sedikit lalu ada yang tidak terisi karena tidak ada yang lolos tes,” katanya.

Yohanes Bili Ngongo, salah seorang honorer yang berniat mengikuti tes CPNS tahun ini mengaku gembira dengan dibukanya formasi CPNS maupun P3K tahun 2019 ini.

“Saya tunggu selama ini sambil berharap, semoga tahun ini ada tes. Sekarang saya senang karena sudah pasti akan ada tes PNS. Saya akan berusaha siap diri baik-baik supaya bisa lolos tahun ini. Biar formasi sedikit tidak apa-apa, daripada tidak ada. Saya nekat akan berjuang supaya bisa lolos,” katanya. (mg28/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!