SMPN 4 Terapkan KBM Berbasis IT – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

SMPN 4 Terapkan KBM Berbasis IT

RUTENG, TIMEX – SMP Negeri 4 Langke Rembong, menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis information and technology (IT). Tujuanya, siswa bisa mengikuti perkembangan kemajuan teknologi di dunia pendidikan.

Kepala SMP Negeri 4 Langke Rembong, Wens Resman kepada Timor Express di Ruteng, Sabtu (7/9) menjelaskan, sistem pembelajaran  sudah dituangkan dalam aplikasi website SMPN 4 Langke Rembong. Di mana, guru dan siswa memegang handphone android.

Para guru memberi pertanyaan dan siswa menjawabnya lewat aplikasi. Dalam model pembelajaran itu, pertanyaan harus diatur sedemikian rupa agar merangsang nalar dan cara berpikir siswa. Setiap siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan versinya dan tidak lagi hanya menjawab ya atau tidak.

“Dalam pembelajaran ini ada tiga prinsip utamanya, yakni perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Dalam KBM, guru-guru lain hadir untuk menilai. Setelahnya, dilakukan refleksi atau evaluasi atas apa yang dilakukan,” katanya.

KBM jenis itu dilakukan untuk membiasakan siswa berpikir tingkat tinggi dan dilatih nalarnya ketika menjawab pertanyaan guru sesuai dengan materi dalam mata pelajaran. Penerapanya, akan dilakukan dari kelas ke kelas. Semua telah diatur jadwalnya sepanjang semester. Tentu agar semua bisa mengikutinya dan mahir memanfaatkan IT untuk kepentingan pembelajaran.

Kata Wens, KBM berbasis IT tidak muncul sendirinya. Sebelumnya telah dilakukan berbagai sosialisasi dan pelatihan semua guru mata pelajaran. Itu juga atas kerja sama dengan dosen Universitas Indonesia Katolik St Paulus Ruteng.

Setelah mantap, sekolah mulai menerapkannya dalam KBM di kelas VIII yang diasuh guru Arnoldus Yansen Angkas dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. KBM diamati oleh observer (para guru) dari rumpun bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

“Saya ingin siswa SMPN 4 bisa maju dan bersaing dengan siswa lain di NTT. Karena itu, saya dan para guru sudah sepakat melalui rapat guna menerapkan sistem pembelajaran online bagi siswa,” bilangnya.

Seorang guru SMPN 4 Langke Rembong, Padur Dominikus mengatakan, sekolah terus berinovasi dan berkreasi dalam memanfaatkan IT untuk kepentingan sekolah dan siswa. Sekolah telah menerapkan UNBK. Kemudian, ulangan dan ujian semester berbasis online.

“Dalam perencanaan, ujian midsemester juga secara online. IT harus dimanfaatkan dengan baik. Karena itu, di bawah kepemimpinan sekolah, para guru dan siswa terus dimotivasi agar bergerak selaras perkembangan IT zaman ini,” ujarnya. (krf3/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!