Dua Srikandi Jadi Ketua Fraksi – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Dua Srikandi Jadi Ketua Fraksi

Di DPRD Provinsi NTT

KUPANG, TIMEX – Dominasi perempuan dalam komposisi DPRD Provinsi NTT periode 2019-2024 terus menguat. Selain kursi pimpinan, kini kursi alat kelengkapan pun kembali tampak. Dua srikandi didapuk menjadi ketua fraksi.

Kedua anggota dewan tersebut, yakni Reny Marlina Un sebagai Ketua Fraksi Gabungan (Demokrat, PSI, PPP). Sementara Maria Nuban Saku sebagai Ketua Fraksi Partai Perindo. “Dari DPP hanya tentukan ketua fraksi. Nanti mereka rembuk untuk isi wakil, sekretaris dan bendahara,” kata Ketua DPW Partai Perindo NTT, Jonathan Nubatonis kepada Timor Express pekan lalu.

Reny dan Maria, masing-masing punya pengalaman dalam dunia parlemen. Reny adalah anggota pergantian antarwaktu dari Partai Demokrat daerah pemilihan NTT VIII yang meliputi Kabupaten TTS.

Lebih lagi Maria Nuban Saku. Sebelumnya Maria merupakan politikus PDIP dan menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2009-2014. Sempat vakum di periode 2014-2019, Maria Nuban Saku hengkang ke Partia Perindo dan terpilih menjadi anggota DPRD NTT pada 17 April 2019. Dia mewakili daerah pemilihan NTT II yang beliputi Kabupaten Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao.

Selain kedua srikandi tersebut, tujuh fraksi lain sudah menunjuk pimpinannya. Mereka masing-masing Partai Golkar, Hugo Rehi Kalembu. Wakil dari daerah pemilihan III, Sumba ini untuk ketiga kalinya menjadi ketua Fraksi Golkar DPRD NTT secara beruntun. “Iya, saya dipilih lagi,” kata Hugo di Ruang Fraksi Golkar, Senin (9/9).

Ketua fraksi yang kembali juga adalah Agus Lobo dari PAN. Agus yang mewakili daerah pemilihian NTT V itu kembali ditunjuk sebagai ketua fraksi untuk kedua kalinya. Sebelumnya pada periode 2014-2019, Agus menggantikan Angelino da Costa sebagai ketua fraksi.

Selanjutnya, di Partai Hanura yang ditunjuk sebagai ketua adalah Refafi Gah. Di PDI Perjuangan, yang ditetapkan adalah Yunus Takandewa dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah Pdt. Yunus Naisunis.

Di partai Gerindra, Gabriel Beri Bina yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPRD NTT ditunjuk menjadi ketua fraksi. Demikian pula Alex Take Ofong yang sebelumnya Wakil ketua DPRD NTT ditunjuk menjadi ketua fraksi. Keduanya juga sama-sama menjabat sekretaris di partai masing-masing.

DPRD NTT yang baru dilantik 3 September 2019 itu saat ini sedang membahas tata tertib. Selanjutnya akan dibahas alat kelengkapan dewan. Yakni anggota dan pimpinan komisi-komisi serta badan-badan.

Sekretaris DPW PAN NTT, Marthen Lenggu kepada Timor Express mengatakan PAN sudah menetapkan unsur pimpinan Fraksi PAN DPRD NTT. Yang ditunjuk sebagai ketua fraksi adalah Agus Lobo. Kemudian sebagai wakil ketua adalah Yeni Veronika, sekretaris Bernardinus Taek dan bendaharanya adalah Rambu Praing. “Untuk provinsi sudah ditetapkan, termasuk di kabupaten/kota juga sudah. Tinggal dilaksanakan di DPRD masing-masing,” jelas Marthen.

Ketua DPW PAN NTT, Awang Notoprawiro menambahkan setelah unsur pimpinan fraksi ditetapkan maka harus fokus pada tugas masing-masing. Fraksi sebagai perpanjangan partai di lembaga DPRD harus benar-benar memperjuangkan aspirasi masyarakat. (cel/sam)

1. Gabungan: Reny Un
2. PAN: Agustinus Lobo
3. PDIP: Yunus Takandewa
4. Golkar: Hugo Kalembu
5. Nasdem: Alex Take Ofong
6. PKB: Pdt.Yunus Naisunis
7. Perindo: Maria Nuban Saku
8. Hanura: Refafi Gah
9. Gerindra: Gabriel Beri Bina



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!