FK Undana Gelar Seminar Nasional – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

FK Undana Gelar Seminar Nasional

SAMBUTAN.Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan Undana, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Scmemberi sambutan dan membuka Seminar Nasional di Hotel Swiss Berlinn Kristal Kupang, Sabtu (7/9)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Bahas Soonotic and Tropical Diseases di NTT

KUPANG, TIMEX – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FH), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, menggelar Seminar Nasional di Hotel Swiss Berlinn Kristal Kupang, Sabtu (7/9).

Seminar Nasional yang merupakan agenda tahunan ini menghadirkan dua pemateri dari luar NTT dengan mengusung tema “Problem Solving in Soonotic and Tropical Diseases with One Health Management in East Nusa Tenggara”

Ketua Panitia dr. Ika F. Buntoro, M. Sc dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Undana Kupang. “Seminar ini merupakan yang ketiga kalinya kami selenggarakan dengan topik yang berbeda tergantung persoalan yang tengah berkembang,” jelasnya.

Tema yang diangkat dalam seminar nasional itu dipandang perlu karena wilayah NTT merupakan wilayah kepulauan. Dimana sangat berpotensi untuk berkembangnya penyakit soonotic and tropical diseases di sebagian wilayah NTT.

Lanjutnya, salah satu penyakit soonotic seperti rabias yang sampai sekarang masih ada di beberapa daerah di NTT dan menjadi perhatian dari berbagai pihak. Demikian pula dengan tropical diseases seperti malaria yang kini sangat tinggi di sejumlah daerah di NTT, termasuk Kota Kupang. “Melalui seminar ini diharapkan para peserta lebih memahami penyakit yang sedang berkembang saat ini,” paparnya.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yakni mahasiswa dan dosen fakultas kedokteran serta akademi kesehatan dari beberapa perguruan tinggi, khususnya di bidang kesehatan di Kota Kupang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan Undana, Dr.Siprianus Suban Garak,M.Sc mewakili Rekor Undana saat membuka Seminar Nasional tersebut menyampaikan apresiasi, karena terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Fakultas Kedokteran Undana.

Sejauh ini banyak fasilitas pendukung seperti peralatan medis yang belum lengkap. Namun diharapkan dengan komitmen meningkatkan mutu pendidikan di fakultas kedokter undana. “Fakultas Kedokteran sangat bersemangat tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi fakultas. Sebelumnya terakreditasi C, namun terus berbenah diri sehingga sekarang terakreditasi B dan saat ini persiapan menuju A,” ujarnya.

Ditambahkan, selama kurang lebih enam tahun terakhir, rumah sakit di NTT maupun Undana tidak diberikan anggaran untuk pengadaan fasilatas pendukung. Hal ini dilakukan instansi kesehatan agar bisa mandiri. “Dari alasan ini, maka Undana telah berubah status menjadi BLU maka diharapkan dalam waktu dekat Klinik Undana juga ikut berubah status,” harapnya.

Lanjut Siprianus, sebelumnya telah dilakukan uji kompetensi yang diselenggarakan pemerintah dan ternyata banyak sekali dokter yang tidak lulus. Lalu, para dokter mengajukan protes kepada DPR RI padahal standar seleksi yang digunakan sudah sesuai dan tidak berubah. “Saya ingin menegaskan kepada para dosen untuk memberikan yang terbaik agar menyiapkan lulusan. Sehingga tidak ada persoalan setelah mahasiswa diwisuda,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya sebagai salah satu pimpinan yang menangani para mahasiswa di Univesitas Negeri terbesar di NTT itu berjanji akan mendukung kegiatan kemahasiswaan Fakultas Kedokteran ke depan.(mg29/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!