SMK-PP Negeri Kupang Jemput Siswa yang PKL di NTT, Bali dan Jatim – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMK-PP Negeri Kupang Jemput Siswa yang PKL di NTT, Bali dan Jatim

DI BBPP. Proses penjemputan siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang yang melaksanakan PKL selama dua bulan di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Noelbaki, Kupang, Senin (2/9). (FOTO. Ist.)

OELAMASI, TIMEXKUPANG.com-Waktu pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa-siswi Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang selama dua bulan (Juli – September) telah berakhir. Karena itu, pihak sekolah melakukan penjemputan terhadap puluhan siswa-siswi yang melakukan praktik di sejumlah lembaga/unit pelaksana teknis maupun dunia usaha-dunia industri (DU/DI), baik yang ada di wilayah NTT maupun di Provinsi Bali dan Jawa Timur (Jatim).
Pada Senin (2/9/2019), telah dilaksanakan penjemputan siswa-siswi yang melaksanakan PKL di Kabupaten Kupang. Totalnya 26 orang. Mereka melakukan PKL di sejumlah lokasi PKL, yakni Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang (sebanyak 8 orang), P4S Tungbers Manikin (2 orang), UPTD Veteriner Oesapa (6 orang), Fakultas Kesehatan Hewan Universitas Nusa Cendana Kupang (4 orang), dan Dinas Peternakan NTT (6 orang).
Di waktu yang sama, penjemputan juga dilaksanakan bagi siswa-siswi yang PKL di Provinsi Bali. Tepatnya di Klinik Hewan Dr. Dharma di Denpasar (5 orang) dan Peternakan Babi Bangli (5 orang).
Sementara itu, pada Rabu (5/9/2019) dilaksanakan penjemputan bagi siswa yang PKL di Jawa Timur. Totalnya 51 siswa. Ke-51 siswa ini melakukan PKL di UD. Intan Abatani (21 orang), Polbangtan Malang (8 orang), UPT HMT dan Pembibitan Ternak Malang (19 orang), dan Loka Penelitian Sapi Potong Pasuruan (3 orang).
Kepala SMK-PP Negeri Kupang Ir. Stepanus Bulu, MP, Selasa (10/9) menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, tiap penjemput dari SMK-PP Negeri Kupang menyampaikan rasa terimakasih karena masing-masing UPT atau DU/DI terkait sudah bersedia berbagi ilmu dengan siswa SMK-PP Negeri Kupang. Tidak lupa diberikan plakat kenang-kenangan yang secara simbolis semakin meneguhkan rasa terimakasih itu. “Kami berharap hubungan kerjasama siswa PKL ini dapat terus berlanjut hingga ke tahun-tahun berikutnya,” tutur Stepanus Bulu.
Stepanus Bulu juga berterimakasih karena beberapa DU/DI telah menandatangani perjanjian kerjasama atau MoU dengan SMK-PP Negeri Kupang agar para siswa bisa melakukan PKL. “PKL ini merupakan salah satu upaya peningkatan SDM siswa SMK-PP Negeri Kupang agar menjadi job creator dan job seeker dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Stepanus Bulu.
Stepanus juga menambahkan, selain kerjasama dengan DU/DI di kegiatan PKL, SMK-PP Negeri Kupang mengupayakan kerjasama di bidang penyerapan alumni.
Claris Tanmenu, siswi Kelas XII Jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia mengaku selama mengikuti PKL dirinya mendapat banyak pengalaman juga ilmu baru terkait dengan bidang ilmu yang dipelajarinya.
“Selama dua bulan ini, saya banyak menerapkan ilmu yang saya peroleh di kelas. Banyak juga ilmu-ilmu baru yang saya peroleh. Tidak hanya tentang Agribisnis Ternak Ruminansia, saya juga belajar tentang bagaimana berperilaku di dunia kerja,” tutur Claris.
Claris juga mengatakan bahwa ia sudah menyusun laporan PKL yang nantinya akan dikonsultasikan dengan pembimbing.
Untuk diketahui, usai PKL, tugas siswa Kelas XII SMK-PP Negeri Kupang belum selesai. Ada Laporan PKL yang selain dikonsultasikan, juga harus dipresentasikan di hadapan penguji. Bisa dibilang kegiatan itu merupakan ajang penilaian kegiatan PKL. Selain kegiatan tersebut, nilai PKL juga diperoleh dari penilaian pembimbing eksternal alias pembimbing yang ada di DU/DI. Jadi, siswa tidak hanya dinilai dari penguasaannya secara teoritis dan praktik, tetapi juga sikap dan perilakunya selama berpraktik.
Lain lagi dengan pengalaman Vicensia dkk ketika PKL di UD Intan Abatani di Jawa Timur.
Vincensia dkk berpartisipasi dalam Gerakan NKRI Cinta Papua di Kabupaten Mojokerto. Kapolres Kota Mojokerto pun menghadiahkan piagam penghargaan atas upaya mereka menyemarakkan kegiatan tersebut. (*/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!