Emi Nomleni Cetak Hattrick – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Emi Nomleni Cetak Hattrick

ILUSTRASI DOK TIMEX

Empat Perempuan Jadi Pimpinan di DPRD NTT

KUPANG, TIMEX – Emelia J. Nomleni bukan sekadar mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua DPRD NTT. Perempuan asal Kabupaten TTS ini punya dua catatan rekor lagi.

Emi-sapaan Emelia Nomleni merupakan perempuan pertama yang menjadi pimpinan partai politik tingkat provinsi NTT. Rekor ketiga, yakni Emi menjadi perempuan pertama yang menjadi calon wakil gubernur dalam pilgub NTT. Emi bahkan menempati urutan kedua suara terbanyak pada pilgub NTT 2018 lalu.

Tidak hanya Emi. Lembaga DPRD NTT pada periode 2019-2024 ini punya sejumlah rekor lain. Empat dari 12 anggota DPRD perempuan, mendapat jabatan pimpinan. Emi Nomleni dari PDIP sebagai Ketua DPRD, Inche Sayuna dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD, Maria Nuban Saku sebagai Ketua Fraksi Partai Perindo dan Reni Marlina Un menjabat Ketua Fraksi Gabungan (Demokrat, PSI dan PPP). Yang menarik lagi, Emi Nomneli, Inche Sayuna dan Reni Un merupakan wakil dari daerah pemilihan NTT VIII yang meliputi Kabupaten TTS.

Keputusan dari sembilan partai politik yang lolos ke parlemen Provinsi NTT itu diumumkan dalam Rapat Paripurna DPRD NTT yang berlangsung di Gedung Utama DPRD NTT, Selasa (10/9). Surat keputusan dibacakan Sekretaris DPRD NTT dalam rapat yang dipimpin Ketua Sementara, Yunus Takandewa.

Emi Nomleni yang diwawancara Timor Express usai paripurna tersebut mengaku hanya bisa bersyukur. Menurut dia, jabatan tersebut semata-mata anugerah Tuhan. Dan, dia mengatakan akan terus meminta tuntunan dari Tuhan untuk terus berjalan melaksanakan tugas.

Ditanya terkait tugasnya ke depan yang memimpin 64 anggota DPRD NTT, Emi katakan, kepemimpinan di lembaga tersebut sudah diatur dan ada mekanismenya. Dan, salah satu kuncinya adalah dengan membangun komunikasi yang baik. “Karena kita semua punya tujuan yang sama untuk melayani rakyat. Masing-masing kita ada tanggung jawab,” tambahnya.

Ketua Sementara DPRD NTT, Yunus Takandewa yang diwawancara terpisah menjelaskan, setelah pelantikan 3 September lalu, DPRD NTT langsung mulai kerja dengan membahas tata tertib. Dan, hasilnya sudah dibawa ke Kementerian Dalam Negeri. “Masih dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri,” jelas Yunus.

Setelah pembahasan tatib, akan dilanjutkan dengan pemilihan alat kelengkapan dewan (AKD). Selanjutnya pelantikan pimpinan DPRD.

Untuk diketahui, penetapan Emi Nomleni melengkapi struktur pimpinan DPRD NTT Periode 2019-2024. Tiga wakil ketua yang juga sudah ditetapkan, masing-masing Inche Sayuna (Golkar), Chris Mboeik (Nasdem) dan Aloysius Malo Ladi (PKB). (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!