Insiden Permudah Proses Penjaminan Korban Lakalantas – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Insiden Permudah Proses Penjaminan Korban Lakalantas

ANTRI. Peserta JKN-KIS tampak antri di Kantor BPJS Kesehatan.

IST

Sinergi Aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT. Jasa Raharja

KUPANG, TIMEX – Untuk memudahkan proses penjaminan terhadap korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas), BPJS Kesehatan bersama PT. Jasa Raharja (Persero) telah mengembangakan aplikasi Insiden (Integrated System For Traffic Accidents). Aplikasi ini telah diimplementasikan secara nasional sejak 18 Maret 2018 lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, dr. Fauzi Lukman Nurdiansyah melalui Staf Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Hedwig Djaga Kota, mengatakan, Insiden merupakan aplikasi berbasis web based dan dapat diakses oleh pihak rumah sakit selaku provider BPJS Kesehatan dalam melaporkan korban lakantas kepada Jasa Raharja.

“Pada prinsipnya, Insiden merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja yang dibangun secara web based sehingga dapat diakses dengan mudah oleh FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan) yang memiliki koneksi jaringan internet,” jelasnya.

Hedwig mengatakan, aplikasi Insiden memiliki beberapa keunggulan. Antara lain, pengiriman data korban lakantas dari rumah sakit beserta informasi mengenai tempat, tanggal, dan kronologis kejadian dapat dilakukan secara real-time ke Jasa Raharja. Data akan diterima oleh Jasa Raharja untuk direspon sesuai dengan tahapan penjaminan. Kesimpulan akhir ditampilkan secara trasnparan dan akuntabel, setelah kunjungan lapangan dan administrasi lengkap;

Selanjutnya BPJS Kesehatan akan menindaklanjuti kesimpulan akhir Jasa Raharja yang diberikan secara elektronik, sehingga memangkas proses koordinasi manfaat menjadi lebih singkat. Selain itu, fitur tambahan seperti riwayat SEP (Surat Eligibilitas Peserta) korban lakalantas untuk kasus kontrol dan informasi detail transaksi Jasa Raharja dapat mencegah pendobelan dalam pembayaran.

Dengan aplikasi ini, menurut Hedwig, keluarga korban tak perlu lagi mendatangi kantor Jasa Raharja maupun BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi penjaminan. Sebab proses koordinasi penjaminannya dilakukan melalui web service secara real time.

“Korban atau keluarga korban tidak perlu datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan ataupun Kantor Cabang Jasa Raharja, karena rumah sakit mengirimkan informasi korban lakalantas secara elektronik untuk dilakukan kunjungan oleh petugas Jasa Raharja,” katanya.

Sedangkan bagi rumah sakit, Insiden memberikan informasi penjaminan korban lakalantas secara transparan sesuai tahapan penjaminan. Semua informasi penjaminan dapat dengan mudah dimonitor pada menu yang telah disediakan.

“Rumah sakit sebagai user INSIDEN harus memahami kebijakan penjaminan kecelakaan lalu lintas secara baik karena mereka yang akan menginput data korban lakalntas di rumah sakit,” tandasnya.

Hedwig menambahkan, dengan aplikasi ini, BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja
dalam memberikan penjaminan tentu akan lebih tepat dan akurat, karena memiliki beberapa informasi yang memudahkan proses verifikasi di kedua belah pihak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Dengan komitmen bersama, antara BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan penyedia layanan kesehatan, Insiden dapat menjadi salah satu bukti nyata inovasi pelayanan publik bagi korban kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam kasus lakalntas, khususnya untuk kasus-kasus kecelakaan lalu lintas ganda serta kecelakaan penumpang alat angkutan umum, Jasa Raharja merupakan penjamin pertama ketika korban dirawat di rumah sakit sampai dengan batas plafon sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah melewati plafon tersebut, maka korban yang merupakan Peserta JKN-KIS akan dialihkan penjaminannya pada BPJS kesehatan.

Sedangkan untuk kasus kecelakaan tunggal atau yang tidak menjadi tanggungan Jasa Raharja maupun BPJS Ketenagakerjaan, Peserta JKN-KIS bisa langsung mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan yang bertindak sebagai penjamin pertama. (tom)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!