Peresmian LLDikti NTT Akhir September – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Peresmian LLDikti NTT Akhir September

Paul: Sedang Koordinasi ke Pemda

KUPANG, TIMEX-Kabar gembira untuk masyarakat NTT. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) XV NTT dijadwalkan akan diresmikan Menristekdikti pada akhir September 2019 nanti.

“Saya baru dapat kabar dari staf ahli dan sekpri Pak Menteri, bahwa Pak Menteri siap resmikan LLDikti XV NTT tanggal 28-29 September ini. Sekarang lagi koordinasi dengan pemda untuk susun rundown acaranya,” kata anggota DPD RI asal NTT, Abraham paul Liyanto kepada Timor Express, Selasa (10/9) malam tadi.

Lembaga ini sudah 17 bulan terbentuk. Sayang, pemerintah Provinsi NTT belum mampu memenuhi syarat untuk peresmian lembaga yang menggantikan Kopertis Wilayah VIII itu.

Pembentukan LLDikti XV tersebut berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Ristekdikti Nomor 15 tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja LLDikti. Permen tersebut sudah disahkan dan diundangkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) sejak 10 April 2018.

Sebelumnya Paul katakan, pihaknya telah berjuang sejak 2016 untuk pembentukan lembaga tersebut. Namun setelah disetujui Kemenristekdikti, justru terhambat dan masih menggantung di Pemprov NTT.

“SK sudah sejak April 2018, tetapi sampai sekarang belum diresmikan. Padahal NTT ini yang terbentuk pertama. Dari 15 LLDikti, 14 lain sudah diresmikan sejak September 2018 lalu. Hanya NTT saja yang belum beres,” beber Paul Liyanto.

Paul jelaskan, sebelumnya proses untuk meresmikan lembaga tersebut terhambat karena pemprov belum menyelesaikan proses hibah tanah untuk LLDikti. Namun setelah masalah tersebut beres, muncul lagi masalah terkait personil pegawai yang akan ditempatkan di sana. Sebelumnya gubernur NTT telah mengeluarkan SK terkait 17 ASN pemprov yang dialihkan ke LLDikti. Mereka adalah ASN yang lolos dalam proses seleksi yang dilakukan Kemenristekdikti. SK tersebut terbit sejak Desember 2018. Sehingga, para ASN tersebut nonjob hingga saat ini.

Namun saat hendak diusulkan ke Kemenristekdikti, satu dari 17 ASN tersebut bermasalah, sehingga harus diganti dengan peserta tes urutan kedua. Dan, proses revisi SK tersebut hingga saat ini belum juga selesai.

“Sudah 10 bulan mereka itu tidak ada kerja. Karena sudah nonjob dari pemprov. Sementara LLDikti juga belum juga diresmikan. Saya sudah jadwalkan untuk bertemu Pak Menteri. Informasinya, Pak Menteri sedang mencari waktu yang pas untuk turun resmikan di Kupang. Di atas tanggal 25 September pasti sudah bisa,” papar Paul.

Anggota DPD RI tiga periode itu katakan, kehadiran LLDikti XV ini sangat penting. Pasalnya, LLDikti merupakan perpanjangan tangan Kemenristekdikti di NTT. Jika sebelumnya Kopertis hanya mengkoordinir perguruan tinggi swasta, LLDikti mengkoordinir perguruan tinggi swasta dan juga negeri. “Di NTT ada 68 perguruan tinggi. Ke depan, pelayanan untuk perguruan tinggi ini semakin mudah, murah dan cepat karena sudah ada LLDikti. Ini untuk meminimalisir masalah seperti kampus bodong dan ijasah palsu,” tutup dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Tatapem dan Kesra Setda NTT, Doris Rihi yang dikonfirmasi terkait hal ini mengakui, pihaknya masih menunggu dokumen yang berkaitan dengan personil tersebut dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). “Kami belum bisa usulkan karena harus lengkap dulu,” kata Doris.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!