Selamat Jalan Bapak Teknologi – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Selamat Jalan Bapak Teknologi

PERGI. Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD.

SALMAN TOYIBI/JAWA POS

JAKARTA, TIMEX Indonesia kehilangan putra terbaiknya. Sang “Mr. crack”, Bacharuddin Jusuf Habibie, tutup usia kemarin (11/9). Presiden ketiga Republik Indonesia itu menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 18.05 WIB, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Habibie wafat setelah dirawat sejak 1 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Segala upaya medis dilakukan untuk memulihkan kembali kondisi Habibie. Tapi, takdir berkata lain. Jantung Habibie yang melemah akhirnya menyerah.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh putra bungsunya Thareq Kemal Habibie dalam jumpa pers, kemarin. “Atas nama Allah Yang Mahabesar, kami harus dengan sangat berat mengucapkan bahwa ayah saya, Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden ke-3, telah meninggal dunia,” ujarnya.

Thareq mengungkapkan, tim dokter sudah memberikan yang terbaik. Namun, faktor usia dan penyakit gagal jantung yang didera sang bapak ternyata tidak bisa ditolong lagi. Organ-organ tubuhnya pun turut melemah. “Maka tadi jam 18.05 WIB, jantungnya dengan sendiri menyerah,” ungkapnya.

Sri Soedarsono, adik B. J. Habibie menuturkan, sang kakak meninggal persis saat adzan maghrib dikumandangkan. Di detik-detik terakhir, Habibie ditemani oleh seluruh keluarganya. Mulai dari anak, cucu, sampai adik-adiknya. “Komplit. Cucunya yang lak-laki juga sudah datang dari Amerika tadi pagi. Sepertinya menunggu itu ya,” paparnya ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
Komunikasi Sri dan almahum sang kakak terakhir Sabtu pekan lalu. Tak ada pesan khusus yang disampaikan. Obrolan hanya mengalir seperti biasa. Hanya nasehat-nasehat ringan.

Di mata Sri, Habibie bukan sekadar kakak biasa. Dia adalah sang pendorong dan penyemangat hidup untuk adik-adiknya. “Perhatian pada adik-adiknya sangat besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengenang Habibie sebagai sosok yang luar biasa. Bukan hanya presiden RI ke 3, Habibie juga seorang ilmuwan kelas dunia dan bapak teknologi Indonesia.

Di usianya yang tidak muda, kata Jokowi, kepedulian Habibie kepada bangsa dan negara tidak pernah luntur. Setiap ada persoalan terkait persoalan bangsa, Habibie selalu melakukan komunikasi dengannya dan memberikan solusi. “Beliau adalah negarawan yang patut dijadikan contoh dan suri teladan dalam kehidupan,” ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan keperluan teknis terkait pemakaman Habibie. Rencananya, posisi makam Habibie akan ditempatkan slot 120-121 Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. “Di samping Ainun Habibie,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga menetapkan hari berkabung nasional sebagai bentuk penghormatan setinggi-tingginya kepada Habibie. Pratikno sudah mengeluarkan surat edaran kepada kementerian, lembaga dan jajaran pemerintahan daerah untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari. “Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama 3 hari sampai 14 September.

Sebelum dibawa ke rumah duka, jenazah Habibie dimandikan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB. Setelahnya, jenazah disemayamkan di ruang Melati, Rumah Jenazah RSPAD untuk kemudian disholatkan. Sekitar pukul 20.00 WIB, dengan iringan lafaz La Ilaha IllAllah, jenazah Habibie dipindahkan ke mobil jenazah dan diantarkan ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Puluhan masyarakat terlihat datang dan mengabadikan momen tersebut.

Pukul 20.30 raungan sirine memecah hiruk pikuk pewarta dan tamu-tamu di Wisma Habibi Ainun Jl Patra Kuningan XIII. Kerumuman yang memadati jalan menuju rumah no 1 tersebut.

Suara sirine tersebut berasal dari mobil ambulan yang membawa jenasah Habibi. Di belakangnya, Alphard hitam bernomor polisi B 2506 BJH mengikuti. Tak ada suara dari setiap yang keluar dari mobil tersebut. Anak dan cucu Habibi diam tenggelam dalam duka.

Tamu-tamu tak berhenti. Jalan di sekitar kediaman disterilkan. Nampak polisi dan TNI berjaga. Pengamanan lebih ketat ketika ada pejabat yang datang.

Reza Rahardian, aktor yang memerankan sosok Habibi dan film Habibi Ainun pun hadir. Dia datang sebelum ambulan tiba. Geraknya buru-buru. Matanya berkaca. Reza tak bisa membendung tangisnya ketika awak media menanyakan kenangan tentang Habibi. ”Selamat jalan Pak Habibi. Semoga lekas bertemu Ainun di Surga,” tuturnya.

Tampak pula, Wakil Presiden terpilih Maruf Amin. Setibanya di kediaman Habibie, ia langsung menyampaikan bela sungkawa ke keluarga dan melaksanakan salat jenazah. Dia berharap keluarga diberitakan ketabahan.

Maruf mengatakan, Habibie telah memberikan investasi kemanusiaan yang tinggi bagi Indonesia. Kiprahnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengirim generasi muda Indonesia ke luar negeri di masa lampau banyak memberikan manfaat bagi bangsa. “Banyak yang kembali ke Indonesia untuk memajukan ilmu penetahuan dan teknologi. Kyai asal Serang Banten itu menceritakan, dirinya sempat bertemu Habibie, Selasa (10/9) lalu. Dia sengaja menemui setelah mengetahui kondisi kesehatan Habibie menurun. Dalam kesempatan itu, Maruf mengaku sempat berbincang ringan.

Sementara itu, Hatta Rajasa menilai ada empat jasa besar yang ditanamkan Habibie terhadap bangsa Indonesia. Pertama, sebagai ilmuan dan bapak teknologi, dia telah membangun rasa percaya diri bangsa. “Menghilangkan rasa rendah diri pada zaman dulu,” ujarnya.

Kedua, Habibie menjadi peletak pondasi UU politik yang memungkinkan kita semua masyarakat memiliki hak berpolitik yang sama. “Kehidupan Demokrasi dimulai di eranya,” imbuhnya.

Ketiga, di dalam mebangun SDM, upayanya menyekolahkan generasi muda ke seluruh penjuru dunia meningkatkan kualitas manusia Indonesia. “Hasilnya bisa kita lihat sekarang, hampir di semua institusi lembaga negara banyak sekali hasil yang disekolahkan di masa itu,” tuturnya. Terakhir, Habibie sudah menekankan cara hidup yang inklusif.

Hatta mengatakan, ada banyak pelajaran yang dia ambil dari Habibie. Bahkan, saat dia menjabat posisi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Hatta mengaku banyak berkonsultasi  bersama. “Meneruskan gagasan beliau,” ungkap dia. (mia/far/lyn/jpg/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!