Harus Disahkan Paling Lambat Desember – Timor Express

Timor Express

METRO

Harus Disahkan Paling Lambat Desember

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi warning kepada pemerintah daerah terkait deadline penetapan anggaran pilkada 2020. Komisioner KPU Hasyim Asy’ari meminta agar daerah mengesahkan anggaran pilkada 2020 paling lambat Desember 2019 ini.
“Kalau dari Undang-Undang Keuangan Negara, mekanismenya itu 30 hari sebelum satu bulan tahun anggaran pada 1 Januari 2020, harus sudah ada pengesahan perda APBD yang memuat di dalamnya tentang anggaran Pilkada,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asy’ari di Jakarta, pekan lalu.

Hasyim mengungkapkan, perencanaan anggaran sampai saat ini masih berlangsung. Penyesuaian anggaran dilakukan antara KPU, Kemendagri dan Pemda. “Karena anggaran pilkada itu menggunakan APBD sehingga harus ada pembicaraan tentang apa-apa komponen yang harus dibiayai, itu yang harus dibicarakan semua,” katanya.

Terpisah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga meminta seluruh pemerintah daerah yang daerahnya pada 2020 menggelar pemilihan kepala daerah agar mempersiapkan anggarannya. Sehingga pesta demokrasi memilih kepala dan wakil kepala daerah bisa berjalan lancar dan sukses.

Menurut Tjahjo, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 memuat beberapa poin yang jadi pedoman bagi Pemda dalam menyusun anggarannya.

Permendagri itu sendiri dikeluarkan sebagai rujukan bagi daerah. Salah satu poin dalam Permendagri tersebut menyangkut anggaran Pilkada serentak pada 2020. “Pertama, Pemda harus mengalokasikan anggaran Tahun 2020 dalam bentuk belanja hibah kepada KPU dan Bawaslu Provinsi, Kabupaten atau Kota” katanya.

Seperti diketahui kata Tjahjo, pada tahun 2020, ada 270 daerah yang akan menggelar pemilihan untuk memilih kepala daerah dan wakilnya. Tentu anggarannya dari sekarang harus segera disiapkan. Jangan sampai nanti anggaran disiapkan dengan mendadak, sehingga berpotensi menghambat kelancaran tahapan Pilkada. “Tolong dianggarkan dengan sangat baik,” ujarnya. (jpnn/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!