Perindo Lawan Incumbent – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Perindo Lawan Incumbent

Pilkada 2020

Koalisi dengan Demokrat
Hari Ini PDIP Tutup Penjaringan di DPC

KUPANG, TIMEX – Partai pendatang baru, Partai Perindo mulai pasang kuda-kuda. Siap menghadapi Pilkada serentak 2020. Di Sumba Barat, Perindo siap melawan calon incumbent.

Ketua DPW Partai Perindo NTT, Jonathan Nubatonis kepada Timor Express, Kamis (19/9) menegaskan, partainya sudah memastikan koalisi dengan Partai Demokrat di Sumba Barat.

“Kami sudah sepakat dengan Demokrat. Jhon Rade dari Perindo dan Jhon Lado dari Demokrat untuk berpasangan,” jelas Jonathan.
Mantan Anggota DPD RI itu jelaskan, Jhon Rade merupakan pensiunan ASN yang kini menjadi kader dan pengurus Partai Perindo. Sementara Jhon Lado merupakan anggota DPRD Sumba Barat.

Saat ini, Sumba Barat dipimpin Bupati dan Wakil Bupati, Agustinus Niga Dapawole-Marthen Ngailu Toni. Keduanya berpeluang untuk maju kembali untuk periode kedua. Sehingga pasangan yang akan maju dalam Pilkada serentak tahun depan di Sumba Barat akan menantang incumbent.

Jonathan menjelaskan, kesepakatan pasangan yang akan didukung Perindo-Demokrat tersebut sudah direstui Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. “Ini sudah final. Sudah menghadap Ketum juga,” tambahnya. Sehingga menurut Jonathan, Partai Perindo sudah mulai mempersiapkan kadernya untuk maju dalam Pilkada di Sumba Barat.

Terkait persiapan di delapan daerah lain yang akan menggelar Pilkada serentak tahun depan, menurut dia, semua sedang berproses. Namun, Partai Perindo tidak membuka pendaftaran seperti partai lin. “Kita lihat kandidatnya saja pasti kita bisa tahu. Tidak perlu survei karena di NTT ini survei tidak penting. Kandidat yang rugi. Kita kan sudah bisa ukur kapasitas orang-orang kita. Dan, tidak ada mahar di sini. Malah ketua umum siap untuk bantu,” papar dia.

Salah satu daerah yang menjadi kekuatan Partai Perindo, yakni Ngada. Pasalnya, Perindo meraih empat kursi dan membentuk satu fraksi. Namun, Jonathan mengaku belum bisa memastikan siapa calon yang akan didukung pada pilkada Ngada 2020 nanti.

Sementara itu, informasi yang dihimpun Timor Express, PDIP hari ini sudah menutup tahapan penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati di tingkat DPC PDIP. PDIP membuka penjaringan calon secara serentak untuk 9 kabupaten penyelenggara Pilkada. Hampir semua figur potensial mendaftar di PDIP. Sehingga persaingan untuk merebut dukungan dari PDIP sangat ketat di sembilan kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak tahun depan ini.

Sekretaris DPC PDIP Sabu Raijua, Karel Modjo Djami mengatakan hingga kemarin ada sejumlah kandidat yang sudah mengambil formulir pendaftaran. Mereka dijadwalkan mendaftar secara resmi hari ini. Mereka yang sudah mengambil formulir di antaranya Piet Djami Rebo, Bernard L. Tanya, Takem Radja Pono dan Orient Riwu Kore.

Oleh karena itu, sudah ada konfirmasi para kandidat akan resmi mendaftar hari ini. “Pendaftaran tidak dipungut biaya. Setelah pendaftaran kita segera tindaklanjuti ke DPD dan DPP,” kata Karel.

Pilkada Sabu Raijua juga bakal terjadi persaingan seru. Beberapa tokoh dikabarkan akan maju. Termasuk yang pernah ikut dalam Pilada sebelumnya yakni incumbent Nikodemus Rihi Heke, Piet Djami Rebo dan Thobias Uly. (cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!