Dilantik Setelah Dua Kali Tunda – Timor Express

Timor Express

METRO

Dilantik Setelah Dua Kali Tunda

GLADI. Emelia Julia Nomleni, Inche D. P. Sayuna, Christian Mboeik dan Aloysius Malo Ladi saat menjalani gladi, Kamis (3/10) di ruang sidang utama Kantor DPRD NTT. Mereka akan dilantik sebagai pimpinan DPRD NTT periode 2019-2024 pada hari ini, Jumat (4/10).

IST

Pimpinan DPRD NTT

KUPANG, TIMEX – Setelah sempat ditunda dua kali lantaran belum adanya Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi NTT periode 2019-2024 akhirnya digelar hari ini, Jumat (4/10). Kepastian digelarnya pelantikan pimpinan DPRD NTT itu menyusul adanya SK Mendagri tanggal 30 September 2019.
Adapun pimpinan DPRD NTT yang dilantik, yakni Emelia Julia Nomleni dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai Ketua, serta tiga Wakil Ketua masing-masing Inche D. P. Sayuna (Fraksi Golkar), Christian Mboeik (Fraksi Nasdem) dan Aloysius Malo Ladi (Fraksi PKB).

Untuk memantapkan persiapan pelantikan, para pimpinan DPRD NTT yang akan dilantik mengikuti gladi di ruang sidang utama Kantor DPRD NTT, Rabu (3/10). Hadir pada kesempatan itu, Ketua Sementara Yunus Takandewa dari Fraksi PDIP dan Wakil Ketua Sementara Mohammad Ansor dari Fraksi Golkar. Sekretaris DPRD NTT Thobias Ngongo Bulu turut hadir menyaksikan jalannya gladi.

Sekwan Thobias Ngongo Bulu kepada wartawan usai gladi, mengatakan rapat paripurna istimewa dalam rangka pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD NTT dilaksanakan untuk menindaklanjuti SK Mendagri Nomor 161.53-5004 Tahun 2019 tanggal 30 September 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi NTT.

“Pelantikan ketua dan tiga wakil ketua DPRD NTT periode 2019-2024 akan dilakukan Jumat besok (hari ini, Red) dan dimulai jam 10 pagi. Undangan pelantikan sudah kami sebarkan,” kata Thobias.

Ia menyebutkan, pelantikan pimpinan DPRD NTT sebetulnya sudah dilaksanakan pada 30 September 2019 lalu. Namun ditunda karena pihaknya belum menerima SK dari Kemendagri.

“Sebelumnya kami sudah agendakan pelantikan pimpinan DPRD NTT di tanggal 30 September 2019 lalu. Namun pelantikan kemudian ditunda karena SK dari Kemendagri belum ada,” katanya.

Sementara Aloysius Malo Ladi kepada Timor Express mengaku sudah sangat siap dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD NTT periode 2019-2024. Setelah gladi, lanjut Sekretaris DPW PKB NTT itu, dia akan kembali mempersiapkan diri dengan baik, sehingga proses pelantikan dapat berjalan dengan lancar.

“Pada prinsipnya saya sudah siap dilantik sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD NTT periode 2019-2024,” ujarnya singkat.
Untuk diketahui, pelantikan pimpinan DPRD NTT sudah dijadwalkan sebanyak dua kali, yakni tanggal 24 September 2019, kemudian diundur ke tanggal 30 September 2019. Namun agenda pelantikan pada tanggal tersebut tidak dapat dilaksanakan karena terkendala SK dari Kemendagri.

Setelah adanya SK Mendagri, sesuai ketentuan Pasal 328 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (dan perubahannya), pimpinan DPRD Provinsi sebelum memangku jabatannya harus terlebih dahulu mengucapkan sumpa/janji dengan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi setempat. (tom/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!