Berpeluang Head to Head – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Berpeluang Head to Head

Pilkada Belu 2020
Willy Lay-JT Ose Luan vs Agus Taolin-Anton Bele

KUPANG, TIMEX – Pemilihan kepala dan wakil kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Belu tahun 2020 bakal berlangsung seru. Dari sekian banyak kandidat, kini hanya mengerucut dua pasangan calon (Paslon).

Kedua paslon yang berpeluang besar terus melaju ke tahapan selanjutnya, yakni pasangan incumbent Willybrodus Lay-JT Ose Luan dan dr. Agus Taolin-Anton Bele.

Pasangan Willy Lay-JT Ose Luan atau dikenal dengan tagline Sahabat sejak awal sudah dipastikan diusung Partai Demokrat. Willy sendiri merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Belu. Dalam musyawarah daerah (Musda) Partai Demokrat di Kabupaten Belu, Partai Demokrat menyatakan Willy Lay adalah calon tunggal. Oleh karena itu, namanya langsung diusul ke DPP untuk ditetapkan keputusan.

Sejauh ini, pasangan ini telah mendaftar di beberapa parpol lainnya, seperti PDIP, Golkar, dan Partai Hanura. Selain itu, pasangan ini juga telah mendaftar ke Partai Gerindra dan PPP. Willy berharap Partai Demokrat bisa berkoalisi dengan partai-partai yang telah dilamarnya. “Saya berharap PDIP bisa berkoalisi dengan Demokrat untuk kita sama-sama maju di Pilkada 2020,” kata Willy beberapa waktu lalu usai mendaftar di DPC PDIP Kabupaten Belu.

Hal senada juga disampaikan Willy saat mendaftar di DPC Partai Hanura, Selasa (29/10) lalu. Ia berharap Partai Hanura melengkapi jumlah kursi yang dimiliki Partai Demokrat dan partai lainnya untuk mengusung Sahabat Jilid II. “Kalau masih ada parpol yang buka pendaftaran, kita daftar lagi,” tambah Willy.

Lebih lanjut, ia mengatakan alasan melamar ke semua parpol yang membuka pendaftaran. Menurutnya, selain untuk melengkapi kekurangan jumlah kursi yang dimiliki Partai Demokrat, juga untuk mengajak parpol lainnya bekerja sama dalam membangun Kabupaten Belu. “Juga sebagai antisipasi kalau ada partai yang tidak mendukung. Kami tetap ikuti mekanisme internal partai masing-masing. Kami kan tidak bisa paksa. Kami harus tunduk dan menghormati mekanisme internal partai. Jadi tunggu saja sambil berharap mudah-mudahan lamaran kami diterima,” kata Willy.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi NTT, Ferdinand Leu yang dikonfirmasi mengatakan Partai Demokrat sudah dipastikan mengusung Sahabat Jilid II. Selanjutnya, saat ini masih menunggu kepastian koalisi dengan partai lainnya. “Komunikasi masih dilakukan dengan parpol lainnya. Untuk Belu sudah diputuskan mendukung Pak Willy,” kata Ferdi akhir pekan lalu.
Sementara itu, untuk pasangan Agus Taolin-Anton Bele hingga saat ini baru didukung Partai Nasdem. Pasangan ini juga telah melamar ke beberapa parpol. Di PDIP, hanya Anton Bele yang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati.

Sebelumnya, Anton Bele kepada media mengatakan dirinya siap mendampingi Agus Taolin memimpin Kabupaten Belu ke depan. Tekadnya semakin kuat ketika mendapat sinyal dukung dari Partai Nasdem. Namun ia berharap masih ada dukungan dari parpol lainnya seperti PDIP. “Namun kita serahkan semua kepada partai masing-masing. Kami ikuti mekanisme internal partainya saja,” jelas Anton.

Hingga saat ini belum ada parpol yang mengeluarkan keputusan soal dukungan terhadap calon kepala dan wakil kepala daerah di Kabupaten Belu. Namun yang sudah memberi sinyal dukungan, yakni adalah Partai Demokrat yang mendukung pasangan Willy-Ose Luan. Sedangkan Partai Nasdem yang mendukung Agus-Anton.

Parpol yang belum jelas arah dukungannya, yakni Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra. Parpol-parpol ini menyatakan masih melakukan survei terhadap calon-calon yang ada. “Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati sudah kami buka. Ada beberapa bakal calon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftar. Saat ini partai masih melakukan survei untuk menentukan sikap ke mana arah dukungan partai. Kita tunggu saja hasil surveinya,” ungkap Ketua DPD Partai Golkar Belu Yohanes Jefry Nahak belum lama ini. (ogi/sam)

* Kubu Willy-Ose Luan
Dukungan parpol: Partai Demokrat (4 kursi)
Parpol yang dilamar:

– Partai Golkar (4 kursi)
– PDIP (4 kursi)
– Partai Hanura (1 kursi)
– Partai Gerindra (3 kursi)

* Kubu Agus Taolin-Anton Bele
Dukungan parpol: Partai Nasdem (4 kursi)
Parpol yang dilamar:

– PDIP
– Golkar



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!