Dorong Daerah Jadi Pioner Penanganan HIV/AIDS – Timor Express

Timor Express

METRO

Dorong Daerah Jadi Pioner Penanganan HIV/AIDS

Hanya 50 Persen Provinsi Bisa Obati ODHA

JAKARTA, TIMEX – Kementerian Kesehatan akan menggelar Hari HIV/AIDS Sedunia 30 Desember di Bandung, Jawa Barat. Peran daerah dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan terus dikedepankan.

“Jabar menjadi tempat Puncak Hari HIV/AIDS kerena Pemerintah Daerah memahami betul dan mengedepankan koordinasi di tingkat lokal untuk upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono.

Hari AIDS Sedunia (HAS) diperingati setiap tanggal 1 Desember. Tema Global Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah Communities Make the Difference. Tema ini dipilih menurut Anung karena dirasakan komunitas memberikan kontribusi yang sangat besar bagi respon AIDS. Sedangkan tema nasionalnya Bersama Masyarakat Meraih Sukses!.

“Kementerian Kesehatan dan para mitra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses mencapai three zero pada tahun 2030,” tuturnya. Targetnya, di tahun tersebut tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Untuk itu, pada 2017 pemerintah mencanangkan strategi Fast Track 90-90-90. Strategi itu meliputi percepatan pencapaian 90 persen orang mengetahui status HIV melalui tes atau deteksi dini. Selanjutnya 90 persen dari ODHA yang mengetahui status HIV memulai terapi ARV. Yang ketiga, 90 persen ODHA dalam terapi ARV berhasil menekan jumlah virusnya. Dalam rangka mencapai target tersebut, Kementerian Kesehatan menerapkan strategi akselerasi Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan (STOP).

“Selain itu, Kemenkes melakukan akselerasi ARV, dengan target pada tahun 2020 sebanyak 258.340 ODHA yang mendapat terapi ARV,” ucapnya. Saat ini baru 50 persen provinsi yang telah mencapai target ODHA menjalani antiretroviral therapy (ART). (lyn/jpg/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!