Ekonomi Kreatif Serap Tenaga Kerja – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Ekonomi Kreatif Serap Tenaga Kerja

TEMPAT USAHA. Direktur UD Praiwora Kreatif, Hendrikus Lukas Meta Wuru pose dengan latar belakang tempat usahanya, Jumat (27/12).

SEPRITUS MAHAMU/TIMEX

WAINGAPU, TIMEX – Bertempat  di Praiwora  sekitaran  6 tahun yang lalu tepatnya 2013

Hendrikus Lukas Meta Wuru mendirikan sebuah perusahan mebel di RT 09/RW 03 Kelurahan Kambajawa dengan nama UD Praiwora Kreatif. Perusahan tersebut menyerap 15 orang tenaga kerja. Diantaranya lima orang pegawai tetap untuk manajemen, lima orang tukang dan lima orang buruh lepas.

Selain menyerap banyak tenaga kerja di bidang mebel usaha ini juga sudah memiliki cabang di Lewa dan dibidang usaha lain yang menyerap banyak tenaga kerja yakni percetakan batako serta penyewaan tenda.

“Awal membuka usaha kreatif ini hanya mebel saja dan tidak menyerap begitu banyak tenaga kerja. Tetapi dalam perjalanan dan usaha semakin besar, maka kami menyerap banyak tenaga kerja dan juga mengembangkan percetakan batako serta penyewaan tenda yang juga beriringan dengan penyerapan tenaga kerja,” ujar Direktur UD Praiwora Kreatif, Hendrikus Lukas Meta Wuru saat ditemui dikantornya, Jumat (27/12).

Hendrikus mengisahkan, pekerja di UD Praiwora Kreatif memiliki beragam jejang pendidikan.

“Ada yang tidak tamat SD, SMA hingga Sarjana dan bahkan sekarang ada yang sedang bekerja sambil kuliah di Unkriswina. Yaitu Edi Malo dan harapannya ada banyak tamatan SMA yang nantinya bisa melanjutkan kuliah karena ditunjang oleh ekonomi kreatif,” kisahnya.

UD Praiwora katanya, merupakan suplayer kayu mulai dari kayu rimba campuran dengan kisaran harga Rp 2,8 juta, mahoni Rp  3,5 juta dan kelas paling tinggi yang disediakan adalah jati super dengan kisaran harga Rp 5 juta.

Ia berharap ekonomi kreatif bisa dilirik banyak orang dan menyerap banyak tenaga kerja yang nantinya akan membantu mengurangi jumlah pengangguran.

“Semoga banyak yang berpikir untuk memulai ekonomi kreatif, sehingga membantu mengurangi angka pengangguran dan saya juga sedang merintis cabang dibeberapa titik agar menyerap tenaga mebel yang pulang kerja dari Sumba untuk bekerja dan tidak lagi kembali bekerja di Bali,” tutup Hendrikus.

UD Praiwora Kreatif juga biasa menerima siswa-siswi SMK di Waingapu untuk melakukan praktik dan pelatihan. (mg31/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!