Revisi PKPU Pencalonan Rampung Januari – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Revisi PKPU Pencalonan Rampung Januari

JAKARTA, TIMEX–Tindak lanjut atas dua putusan Mahkamah Konstitusi hingga saat ini belum dilakukan oleh KPU. Pihak KPU baru akan menyesuaikan regulasi pencalonan pilkada dengan putusan MK pada awal tahun depan. Khususnya pada bagian syarat calon yang menjadi inti dari putusan MK.

’’Kami akan menuangkan yang berkaitan dengan amar putusan MK,’’ terang Komisioner KPU Evi Novida Ginting saat ditemui di Bawaslu kemarin (27/12). Pihaknya menjadwalkan awal Januari mendatang untuk menyelesaikan perubahan ketiga atas PKPU 3/2017 tentang pencalonan pilkada.

Ada dua putusan MK yang berkaitan dengan pencalonan pilkada. Yakni, penundaan hak politik bagi mantan terpidana dan pengaturan pelaku perbuatan tercela khusus pengguna narkotika. Mantan terpidana harus menunggu minimal lima tahun setelah bebas untuk bisa mencalonkan diri di Pilakda. Sementara, bagi pengguna dan eks pengguna narkotika ditetapkan peraturan khusus.

Hanya saja, dari kedua putusan itu, hanya mantan terpidana yang masuk ke dalam amar putusan. Sementara, pengaturan bagi pengguna dan eks pengguna narkotika masuk ke dalam pertimbangan putusan. Karena putusan atas gugatan terkait pengguna narkoba adalah ditolak. Karena petitumnya adalah membebaskan eks pengguna narkoba dari perbuatan tercela.

Evi menjelaskan, revisi tersebut akan menyentuh syarat calon kepala daerah. Artinya, bakal ada penambahan syarat bagi mereka yang hendak mencalonkan diri. ’’Kami sedang memformulasikan lagi peraturan KPU mengenai pencalonan. Mudah-mudahan Januari sudah bsia keluar,’’ tambahnya. (byu/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!