56 Rumah Rusak Parah – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

56 Rumah Rusak Parah

RUSAK BERAT. Salah satu rumah warga Desa Batnes Kecamatan Musi yang mengalami rusak berat akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut, Jumat (27/12) lalu.

PETRUS USBOKO/TIMEX

Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

KEFAMENANU, TIMEX – Puluhan rumah di dua desa yakni Desa Batnes dan Desa Oeolo Kecamatan Musi, rusak parah akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut disertai angin kencang, Jumat (27/12) lalu.

Sesuai data yang berhasil dihimpun Timor Express dari Badan Pengelola Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU tercatat sebanyak 37 unit rumah di Desa Batnes mengalami kerusakan. Dari data tersebut terdapat 17 unit rumah yang mengalami rusak parah. Sedangkan 20 unit lainnya mengalami rusak sedang dan rusak ringan.

Sementara di Desa Oeolo terdapat 19 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut.

Dari data itu, terdapat 7 unit rumah yang rusak parah, sedangkan 12 unit lainnya rusak sedang dan rusak ringan.

Sekretaris BPBD Kabupaten TTU, Yosefina Lake kepada Timor Express, Minggu (29/12) menuturkan, puluhan rumah yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut sudah mendapat bantuan tanggap darurat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU.

Dikatakan, pemerintah telah membangun posko tanggap darurat dengan menggunakan kantor desa, sehingga warga yang rumahnya mengalami kerusakan untuk sementara mengungsi di posko tersebut.

“Kita sudah kirimkan bantuan dan tenaga untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. Bantuan yang kita berikan itu sifatnya tanggap darurat, sehingga dapat digunakan semaksimal mungkin untuk memperbaiki setiap kerusakan rumah,” tutur Yosefina.

Sementara, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes menuturkan, pihaknya telah mendatangi lokasi bencana dan melihat langsung kondisi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Desa Batnes dan Desa Oeolo Kecamatan Musi.

Menyinggung terkait tanggung jawab pemerintah terhadap warga yang mendapat musibah, , kedua desa yang mengalami bencana termasuk desa di Kabupaten TTU yang akan mendapat bantuan program bedah rumah tidak layak huni (Berarti), sehingga warga yang rumahnya rusak akan diperbaiki melalui program itu.

“Dua desa ini juga masuk sebagai desa sasaran program Berarti, sehingga kita akan identifikasi agar setiap kepala keluarga yang rumahnya memang tidak bisa ditempati lagi ini kita masukan sebagai pemanfaat program ini,” pungkasnya. (mg26/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!